Wasit Nilai Rojo Tak Hand Ball, Inilah Peraturan FIFA

Wasit Nilai Rojo Tak Hand Ball, Inilah Peraturan FIFA

SAINT PETERSBURG, RIAUREVIEW.COM -Ada kontroversi di Nigeria vs Argentina: Nigeria merasa layak dapat penalti karena menyebut Marcos Rojo hand ball. Wasit tak sepakat. Bagaimana peraturan FIFA?

Argentina memastikan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018 berkat kemenangan 2-1 atas Nigeria, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB. Lionel Messi bikin Argentina unggul duluan, sebelum eksekusi penalti Victor Moses membuat Nigeria menyamakan skor.

Pada prosesnya kemenangan, dan tiket lolos, dipetik oleh Argentina lewat gol dari Rojo di menit ke-86. Tapi sebelum itu Nigeria sempat mengklaim penalti kedua karena merasa Rojo melakukan hand ball di kotak penalti Argentina.

Atas protes kubu Nigeria tersebut, wasit Cuneyt Cakir selaku pengadil lapangan pun memutuskan untuk memeriksa VAR. Ia lalu berpendapat bahwa tidak ada pelanggaran hand ball dari Rojo.

Kejadian itu pada prosesnya menjadi kontroversi. Apalagi Nigeria tetap merasa bahwa Rojo melakukan hand ball dan harusnya mereka dapat penalti kedua -- yang tentunya bisa mengubah hasil akhir pertandingan.

Lantas bagaimana jika merujuk pada peraturan FIFA? Untuk itu, dilansir detiksport melihat dari Laws of The Game FIFA secara spesifik ke Pasal 12 yang mengatur tentang pelanggaran, secara khusus poin perihal hand ball.

Peraturan itu menyebut bahwa wasit bisa menyatakan ada pelanggaran hand ball ketika seorang pemain (selain kiper) melakukan sentuhan dengan tangan atau lengan. Ada beberapa pertimbangan yang digunakan:

- Pergerakan tangan ke arah bola (bukan bola ke arah tangan).

- Jarak antara lawan dengan bola (bola datang tidak terduga). 

- Posisi tangan tidak mutlak menunjukkan adanya pelanggaran.

- Menyentuh bola saat memegang benda apa pun di tangan (baju, pelindung lutut, dll) dikategorikan sebagai pelanggaran.

- Mengenai bola dengan cara melempar benda apa pun (sepatu, pelindung lutut, dll) dikategorikan sebagai pelanggaran.

Wasit Nilai Rojo Tak Hand Ball, Begini Peraturan FIFAWasit Cakir menanggapi klaim penalti dari Nigeria yang menganggap Marcos Rojo melakukan hand ball (Foto: Richard Heathcote/Getty Images)

Sehubungan dengan itu, sangat mungkin pertimbangan wasit Cakir tidak memberikan penalti ke Nigeria adalah karena menilai Rojo menyentuh bola tanpa disengaja, dengan gerakan tangan yang tidak aktif (bola menuju tangan, bukan tangannya yang menuju bola).

Dari rekaman video, setidaknya memang terlihat bahwa kepala Rojo-lah yang lebih dulu bergerak untuk menyundul bola, yang lantas memantul ke arah lengannya. Maka merespons klaim penalti Nigeria, wasit Cakir pun berkata tegas, "tidak". Setuju atau tidak dengan wasit Cakir?

Berita Lainnya

Index