Mudik Lebaran Lewat Tol Trans Sumatera? Cek Tarif dan Diskonnya di Sini

Mudik Lebaran Lewat Tol Trans Sumatera? Cek Tarif dan Diskonnya di Sini
Foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Merespon antusiasme pemudik Lebaran tahun 2024 yang diprediksi akan meningkat signifikan, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) telah meluncurkan booklet bertajuk Trans Sumatera Ramadhan Guide Book 2024, yang dapat diunduh di website resmi Hutama Karya.

Dalam panduan ini dilengkapi dengan sejumlah informasi penting yang akan memudahkan pemudik seperti peta Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), fasilitas, lokasi rest area, info call center, himbauan berkendara hingga info wisata, kuliner, hingga tarif tol Trans Sumatera.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menjelaskan buku panduan digital ini disiapkan bagi pemudik yang akan melintasi tol Trans Sumatera selama arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024.

“Semua informasi penting mengenai tol Trans Sumatera kami rangkum di panduan tersebut, pemudik dapat mempelajari dan mengetahui terlebih dahulu medan yang akan dilalui, sehingga dapat merasa aman dan nyaman berkendara. Termasuk informasi kuliner, oleh-oleh dan tempat wisata yang dapat dikunjungi selama mudik,” terangnya.

Lebih lanjut Adjib Al Hakim menyampaikan agar pemudik juga mengetahui besaran tarif tol Trans Sumatera yang akan dilalui.

"Informasi besaran tarif menjadi hal penting, kami menghimbau kepada pemudik untuk mempelajari terlebih dahulu tarif tol Trans Sumatera sebelum memulai perjalanan mudiknya. Sehingga akan mencegah ketidakcukupan saldo yang dapat mengakibatkan terjadinya antrian di gerbang tol," sebutnya.

Adapun jika di total, tarif JTTS yang perlu menjadi perhatian pemudik adalah dari Bakauheni ke Palembang yakni sebesar Rp410.000 untuk kendaraan golongan 1. Kendaraan golongan 1 yang dimaksud tersebut diantaranya mobil sedan, jip, pikap atau truk kecil, dan bus.

Angka tersebut mengalami kenaikan dibanding momen mudik tahun lalu karena adanya penyesuaian tarif tol Bakauheni - Terbanggi Besar sejak 25 Mei 2023 sebelum kemudian dikelola oleh PT Bakauheni Terbanggi Besar Tol. Selain itu di sisi utara, tarif untuk golongan 1 dari Bandara Kualanamu menuju Tanjung Pura adalah sebesar Rp105.500.

Berikut rincian perkiraan tarif lengkap Jalan Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga Aceh untuk kendaraan Golongan 1:
- Ruas Tol Bakauheni - Terbanggi Besar: (dikelola oleh PT BTB)
- Ruas Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung : Rp 170.500
- Ruas Tol Kayu Agung - Kramasan : Rp 50.000 (dikelola oleh Waskita Toll Road)
- Ruas Tol Palembang Indralaya : Rp 27.000
- Ruas Tol Indralaya Prabumulih : Rp 85.000
- Ruas Tol Taba Penanjung - Bengkulu : Rp 22.000
- Ruas Tol Pekanbaru - Dumai : Rp 171.500
- Ruas Tol Pekanbaru - Bangkinang : Rp 33.500
- Ruas Tol Indrapura - Limapuluh : Rp 20.500
- Ruas Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi dan Tol Belmera : Rp 64.000 (dikelola oleh Jasa Marga)
- Ruas Tol Medan - Binjai: Rp 26.500 (dikelola oleh PT MBT)
- Ruas Tol Binjai - Stabat: Rp 15.000
- Ruas Tol Sigli - Banda Aceh (Seulimeum - Blang Bintang) : Rp 42.500

Adapun mengenai kebijakan diskon tarif tol pada mudik Lebaran tahun 2024 yang disampaikan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KPUPR), Hutama Karya memberlakukan diskon 20 persen pada Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), yakni di Tol Pekanbaru - Dumai (Permai).

Dengan demikian maka secara total terdapat 3 ruas JTTS yang diberlakukan diskon tarif yakni Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka) (189 km), Indralaya – Prabumulih (Indraprabu) (64,5 Km) dan Tol Permai (131 Km).

"Pada permulaan arus mudik, diskon tarif resmi berlaku mulai hari ini, 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 05.00 WIB. Sementara pada periode arus balik nanti akan diterapkan pada tanggal 17 April 2024 Pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 Pukul 05.00 WIB," ujar Adjib.

Lebih lanjut Adjib menuturkan bahwa pemotongan tarif berlaku masih untuk semua golongan kendaraan yang melintas dengan transaksi pembayaran jarak tarif terjauh,.yakni hanya untuk kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan, kelolaan PT Bakauheni Terbanggi Besar dan keluar di GT Kayu Agung/Kayu Agung Utama kelolaan Hutama Karya atau sebaliknya; kendaraan yang masuk dari GT Palembang dan keluar di GT Prabumulih atau sebaliknya; dan kendaraan yang masuk dari GT Pekanbaru dan keluar di GT Dumai atau sebaliknya.

Meskipun demikian, terdapat sedikit perubahan akumulasi tarif dikarenakan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar juga telah menerapkan diskon tarif 20 persen, sehingga untuk rincian akumulasi tarif dari kedua ruas tersebut adalah sebagai berikut:

Dari GT Bakauheni Selatan ke GT Kayu Agung/Kayu Agung Utama atau sebaliknya:

- Kendaraan Golongan I dari Rp 360.000,- menjadi Rp288.500,-
- ?Kendaraan Golongan II dan III dari Rp 540.000,- menjadi Rp432.500,
- ?Kendaraan Golongan IV dan V dari Rp720.000,- menjadi Rp 577.000,-

Sementara untuk diskon tarif pada Tol Indralaya - Prabumulih tidak ada perubahan. Kemudian untuk diskon tarif pada Tol Pekanbaru - Dumai adalah sebagai berikut:

Dari GT Pekanbaru ke GT Dumai atau sebaliknya:

- Kendaraan Golongan I dari Rp 171.500,- menjadi Rp137.000,- 
- ?Kendaraan Golongan II dan III dari Rp 257.000,- menjadi Rp205.500,- 
- ?Kendaraan Golongan IV dan V dari 343.000,- menjadi Rp 274.500,-

Sebagai tambahan informasi, potongan tarif ini tidak berlaku apabila pengguna jalan tol bertransaksi dengan saldo kartu Uang Elektronik (UE) yang kurang atau tidak terbaca asal dan golongan kendaraan.

 

Berita Lainnya

Index