Ini Saran Dokter Biar Nggak Tumbang di Jalan Jelang Puncak Arus Balik Lebaran 2024

Ini Saran Dokter Biar Nggak Tumbang di Jalan Jelang Puncak Arus Balik Lebaran 2024
Ini Saran Dokter Biar Nggak Tumbang di Jalan Jelang Puncak Arus Balik Lebaran 2024 (foto: detikcom)

RIAUREVIEW.COM --Perjalanan jauh di tengah arus balik lebaran 2024 tentu melelahkan seperti halnya perjalanan mudik. Dokter mengingatkan sejumlah hal agar senantiasa bugar sampai di tujuan.

Praktisi kesehatan dari RS Abdi Waluyo, dr Yuhana Fitra, SpPD menyampaikan tips mempersiapkan perjalanan mudik. Dengan kondisi yang kurang lebih sama, tips yang sama juga bisa diterapkan saat perjalanan balik ke tempat asal.

"Hindari kelelahan, hindari dehidrasi, hindari masalah saluran cerna, hindari mabuk perjalanan, dan juga harus siapkan obat-obatan yang mungkin dibutuhkan," pesan dr Yuhana.

Untuk menghindari kelelahan, dr Yuhana menyarankan untuk menyempatkan diri istirahat 1-2 hari sebelum berangkat. Sangat tidak disarankan melakukan perjalanan jauh dalam kondisi dadakan, karena tubuh akan gampang kelelahan.

Masih terkait risiko kelelahan, dr Yuhana juga menyarankan untuk mengajak pengemudi pengganti. Dalam kondisi emergency, seperti tidak kebagian tempat di rest area, adanya pengemudi pengganti memungkinkan untuk bergantian istirahat sembari tetap melanjutkan perjalanan.

Sedangkan untuk menghindari dehidrasi, bekal air minum seringkali terlupakan karena berharap bisa dibeli di mana saja. Masalahnya, dalam kondisi macet dan tersendat, seringkali butuh waktu lebih lama untuk bisa ketemu minimarket.

"Dan jangan pernah menghindari minum untuk menahan atau menghindari pipis. Kita males minum karena takut kebelet pipis di jalan, nah itu jangan pernah," pesan dr Yuhana.

Masalah pencernaan juga penting diperhatikan, karena dalam perjalanan mudik akan lebih sulit memastikan hygiene di tempat makan. Pastikan mencari tempat makan yang memang meyakinkan, dan jangan ambil risiko menahan lapar.

"Ini rentan sekali ini pada waktu habis mudik, masalah asam lambung kumat dok, soalnya saya kemarin mudik nggak sempet mampir, jadi saya skip makan, nggak ada camilan," tutur dr Yuhana. *** 

 

 

 

Sumber: riau24.com

Berita Lainnya

Index