Digelar Besok, Ribuan Masyarakat Bangkinang Bakal Meriahkan Aghi Ayo Onam

Digelar Besok, Ribuan Masyarakat Bangkinang Bakal Meriahkan Aghi Ayo Onam
Ilustrasi persiapan Aghi Ayo Onam (foto: cakaplah.com))

RIAUREVIEW.COM --Sebuah tradisi turun temurun bakal diikuti dan diramaikan ribuan orang di Kecamatan Bangkinang dan sekitarnya, Rabu (17/4/2024).

Tradisi unik dan meriah yang diperkirakan telah berjalan puluhan bahkan ratusan tahun itu adalah Hari Raya Enam atau masyarakat lokal di Kabupaten Kampar menyebutnya dengan nama “Aghi Ayo Onam” atau disebut juga “Aghi Ayo Zora”.

Hampir seluruh desa di Kecamatan Bangkinang dan Kecamatan Salo yang berada di pinggiran Sungai Kampar melaksanakan tradisi Aghi Ayo Onam seperti di Kelurahan Pulau Desa Pulau Lawas, Desa Muara Uwai, Desa Binuang dan 2. Kelurahan Pasir Sialang yang masuk dalam Kecamatan Bangkinang.

Selain masyarakat Kecamatan Bangkinang, tradisi Aghi Ayo Onam juga ditemui di Kecamatan Salo seperti di Desa Desa Ganting, Desa Sipungguk, Desa Salo dan Desa Ganting Damai.

Meskipun juga ada beberapa desa di kecamatan lainnya yang juga melaksanakan tradisi Aghi Ayo Onam seperti di Kecamatan Kampar, Kampar Utara, Kuok dan lainnya, namun yang selalu paling meriah dan mendapat perhatian pejabat daerah baik dari Pemerintah Kabupaten Kampar bahkan dari Pemerintah Provinsi Riau serta masyarakat dari luar daerah dan para perantau di luar negeri namun perayaan Aghi Ayo Onam di Kecamatan Bangkinang dan Salo selalu menjadi pusat perhatian.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Raya Enam besok yang bakal dihadiri pejabat dari kabupaten dan provinsi. Menurut rencana, selain dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Kampar, rangkaian acara Aghi Ayo Onam akan dihadiri

Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto yang dikabarkan akan hadir di Kecamatan Bangkinang dan Salo.

Pantauan di lokasi acara besok, perayaan Aghi Ayo Onam sepertinya juga menjadi ajang sosialiasi para bakal calon kepala daerah Riau maupun Kabupaten Kampar. Beberapa baliho dengan berbagai ukuran dan spanduk Bacalon kepala daerah telah banyak terlihat di Kecamatan Bangkinang sekitarnya.

Dalam rangka menyambut tradisi akbar Aghi Ayo Onam, Pemkab Kampar pun telah melalukan rapat persiapan H-2 menjelang perayaannya yakni pada Senin (15/4/2024) kemarin.

Rapat dipimpin Pj Bupati Kampar H Hambali di Rumah Dinas Bupati Kampar. Rapat diikuti Pelaksana Harian Sekda Kampar Ahamd Yuzar, Pelaksana Tugas Kadis Kominfo Kampar Irwan AR, Kadis Perhubungan Refizal, Kadis Pariwisata Zamhur, Plt. Camat Salo, Camat Bangkinang serta Kades Sipungguk, Kades Pulau, dan Kades Muara Uwai.

Sebagai informasi, Aghi Ayo Onam adalah perayaan Hari Raya yang digelar setelah pelaksanaan ibadah sunnah puasa enam di bulan Syawal, biasanya setiap tanggal 8 Syawal.

Rangkaian kegiatan yang biasanya dapat dilihat pada Aghi Ayo Onam adalah dimulai dengan Sholat Subuh berjemaah di masjid dan musalah terdekat di setiap kampung. Setelah pelaksanaan sholat Subuh, seluruh masyarakat berbondong-bondong menuju pemakaman sanak saudara dan kerabat guna melaksanakan ziarah sambil bersilaturahmi satu dengan lainnya selama perjalanan maupun di tempat pemakaman. Ritual ziarah kubur merupakan salah satu dari tradisi yang tak pernah ditinggalkan pada Aghi Ayo Onam.

Karena dilakukan bersamaan, maka jalanan di kampung-kampung dipenuhi masyarakat yang sama-sama bergerak menuju pemakaman di mana sanak saudara maupun kerabat mereka dimakamkan. Beberapa ruas jalan biasanya dipenuhi ribuan masyarakat, praktis kendaraan yang akan melintas terpaksa bersabar melintasi barisan ribuan manusia.

Setelah melakukan ziarah kubur, kemudian masyarakat kembali menuju masjid dan musalah untuk melaksanakan Sholat Zuhur berjemaah dan makan siang bersama. Sebagian juga tampak mendatangi rumah sanak saudara dan kerabatnya. Silaturahmi pada hari itu akan terus berlanjut hingga malam.

Beraneka ragam makanan khas Kampar akan ditemui di rumah-rumah warga selain makanan berat. Yang selalu tidak ketinggalan adalah lemang dan sari kaya. Kemudian makanan tradisional lainnya seperti kue jalo, polito daun, lopek, dan lainnya.

Satu hari menjelang Aghi Ayo Onam, kesibukan tampak di rumah-rumah warga mempersiapkan aneka makanan yang akan disajikan pada Aghi Ayo Onam.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index