PDIP Jawara, Ini Kader yang Berpeluang Jadi Ketua DPRD Riau

PDIP Jawara, Ini Kader yang Berpeluang Jadi Ketua DPRD Riau
Gedung DPRD Riau/foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memperoleh kursi terbanyak di DPRD Provinsi Riau pada Pemilu 2024. Artinya, partai berlambang banteng moncong putih ini berhak mendapatkan kursi Ketua DPRD.

Kemenangan PDIP ini melengser dominasi Partai Golkar yang selalu merebut kursi Ketua DPRD Riau setiap Pemilu. PDIP berhasil memperoleh 11 kursi dari 8 daerah pemilihan (Dapil) yang ada di tingkat provinsi.

Rincian perolehan 11 kursi tersebut, 1 kursi di Dapil Pekanbaru, 1 kursi Dapil Kampar, 1 kursi dapil Rohul, 1 kursi Dapil Rohil, 3 kursi dapil Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti, 2 kursi Dapil Kabupaten Siak-Pelalawan, 1 kursi dapil Inhil, 1 kursi dapil Kabupaten Indagiri Hulu-Kuantan Singingi.

Lantas siapa yang akan jadi ketua DPRD Riau periode 2024 - 2029?.

Ketua DPD PDIP Riau Zukri Misran mengatakan, untuk kursi Ketua DPRD tergantung keputusan Ketua Umum Megawati. "Itu nanti tergantung keputusan ketua umum dan sesuai aturan partai," kata Zukri kepada CAKAPLAH.com, Kamis (18/04/2024).

Namun, Zukri mengatakan, memang di dalam aturan partai, yang menjadi prioritas untuk menduduki kursi tersebut adalah kader yang menjabat sebagai Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB).

"Secara aturan diprioritaskan KSB partai," kata Zukri.

Jika merujuk pada KSB, dari 11 caleg terpilih saat ini, 2 di antaranya berpeluang besar, yakni Kaderismanto selaku Sekretaris PDIP Riau dan Ma'mun Solikhin selaku Bendahara.

Zukri pun tak menampik peluang besar akan didapatkan oleh kedua kader tersebut. Namun, ia mengatakan, keputusan ada di ketua umum partai.

"Tapi semua berdasarkan keputusan ketua umum," katanya.**

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index