Dibuka Juli, PPDB Tahun ini Gunakan 4 Jalur Pendaftaran

Dibuka Juli, PPDB Tahun ini Gunakan 4 Jalur Pendaftaran
Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal (foto: riauaktual.com)

RIAUREVIEW.COM --Rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP negeri di Kota Pekanbaru, bakal berlangsung awal Juli 2024 mendatang. Pada tahun ini ada empat jalur pendaftaran dalam PPDB bagi calon peserta didik.

Jalur tersebut yakni zonasi untuk domisili peserta didik yang dekat jaraknya dengan sekolah. Lalu afirmasi bagi calon peserta didik yang kurang mampu dari segi ekonomi.

Kemudian ada jalur prestasi bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi akademik dan non akademik. Lalu ada jalur pindah orangtua dari daerah lain ke Kota Pekanbaru.

"Belum ada perubahan dibandingkan dengan tahun lalu. Masih sama, ada empat jalur pendaftaran," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Minggu (21/4).

Ia menuturkan, para calon peserta didik bisa mulai mempersiapkan diri untuk melakukan pendaftaran. Pendaftaran mulai dibuka awal Juli mendatang.

Proses PPDB ini nantinya bakal tuntas sebelum memasuki tahun ajaran 2024/2025. Tahun ajaran baru diperkirakan bakal berlangsung pada 15 Juli 2024 mendatang.

Menurutnya, jadwal PPBD menyesuaikan tahun ajaran baru. Jamal menyebut proses PPDB bergulir pada awal Juli sedangkan tahun ajaran baru dimulai pada pertengahan Juli.

"Masih ada waktu dua minggu untuk proses PPDB di sekolah, kan tahun ajaran baru di pertengahan," terang Jamal.

Pihaknya belum memastikan daya tampung dari sekolah negeri yang ada di Kota Pekanbaru. Jamal mengaku sudah meminta sekolah untuk segera menyerahkan daya tampung SD dan SMP negeri.

"Kita mengingatkan agar seluruh sekolah bisa menyerahkan jumlah daya tampung, sehingga bisa kita umumkan daya tampung tiap sekolah," ungkapnya.

Pihaknya juga akan mempersiapkan sarana prasarana agar PPDB tahun ini bisa berjalan lancar. Mereka juga melakukan pengawasan ketat ke sekolah untuk antisipasi adanya pungutan liar yang memanfaatkan momen PPDB.

 

 

 

Sumber: riauaktual.com

Berita Lainnya

Index