KPU Minta Polisi Selidiki Ribuan Surat Suara Hilang di Cirebon

KPU Minta Polisi Selidiki Ribuan Surat Suara Hilang di Cirebon

BANDUNG, RIAUREVIEW.COM -KPU Jawa Barat menyerahkan kasus hilangnya ribuan surat suara Pilbup Cirebon kepada aparat kepolisian. Saat ini proses penyelidikan masih berlangsung. 

Sebanyak 2.400 surat suara Pilbup Cirebon untuk enam TPS di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon hilang. Namun masalah tersebut sudah diatasi dengan menggunakan surat suara cadangan. 

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengaku belum mengetahui penyebab pasti hilangnya ribuan surat suara di Kabupaten Cirebon. Kasus tersebut, kata Yayat yang dilansir detikcom, sedang diusut oleh pihak kepolisian. 

"Saat kehilangan itu petugas keamanan ada, PPS juga ada. Penyebab apa kok bisa hilang sudah diserahkan ke Polres Kabupaten Cirebon. Tentang motif, tujuannya dan pelakunya siapa tunggu saja (penyelidikan polisi)," ucap Yayat di Kantor KPU Jabar, Kamis (28/6/2018).

Yayat mengatakan ribuan surat suara itu hilang di kecamatan saat akan didistribusikan ke masing-masing TPS. Saat itu diketahui ribuan surat suara sudah tidak ada di tempat semestinya. 

"Hilangnya itu saat di kecamatan mau dikirim ke TPS," ucapnya. 

Tapi yang jelas, lanjut Yayat, masyarakat Kabupaten Cirebon tetap bisa menggunakan hak pilihnya. Karena petugas setempat segera mengirim surat suara cadangan untuk mengganti yang hilang.

Berita Lainnya

Index