Pemenang Pemilu, PDIP Kerucutkan Calon Ketua DPRD Riau 2024 - 2029

Pemenang Pemilu, PDIP Kerucutkan Calon Ketua DPRD Riau 2024 - 2029
PDI Perjuangan/foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --PDI Perjuangan Riau berjaya meraih 11 kursi di DPRD Riau periode 2024 - 2029 sekaligus menempatkannya sebagai partai pemenang Pemilu yang berhak mendapat kursi ketua.

Selain DPRD Riau, PDIP juga menjadi pemenang di DPRD Rokan Hulu, Meranti, Bengkalis dan Pelalawan.

Bendahara DPD PDIP Riau, Ma'mun Solikhin mengungkap rahasia dibalik kandidat potensial untuk memimpin DPRD Riau serta DPRD di empat kabupaten tersebut.

Ma'mun menegaskan dalam arahan, DPP sangat memprioritaskan kualitas, senioritas dan kemampuan kader untuk terdepan dalam proses pemilihan pimpinan dewan di internal PDIP.

"Kalau di DPP itu yang dinilai senioritas, kemampuan dan struktural serta biasanya yang menjabat di struktural partai," ujar Ma'mun , Sabtu (11/5/2024).

Poin terakhir menunjukkan bahwa proses pemilihan sudah mengerucut. Dimana dari 11 kursi yang diraih, 2 diantaranya merupakan petinggi PDIP Riau, yakni Ma'mun Solikhin selaku Bendahara DPD dan Kaderismanto selaku Sekretaris DPD.

"Hal yang sama juga berlaku di tingkat Kabupaten," katanya.

Nantinya dari nama-nama potensial akan dipanggil DPP untuk dilakukan uji kelayakan sebelum akhirnya diputuskan DPP siapa caleg yang akan menjadi ketua DPRD.

"Nantinya rekomendasi DPP akan dikeluarkan sebelum pelantikan," tukasnya.

Diketahui, PDIP menang di DPRD Riau, Pelalawan, Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu, dan Kepulauan Meranti.

Sementara itu, di 4 Kabupaten/Kota lainnya PDIP Riau mendapatkan jabatan wakil ketua DPRD, diantaranya di Kota Pekanbaru dengan perolehan 7 kursi dari 50 kursi. Di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) 6 kursi dari 45 kursi. Kabupaten Kuansing 5 kursi dari 35 kursi, Kota Dumai 5 kursi dari 35 kursi.

Sementara Kabupaten sisanya belum berhasil meraih kursi pimpinan, seperti di Kabupaten Indragiri Hilir 5 kursi dari 40 kursi. Sementara Kabupaten Siak 4 kursi dari 40 dan Kampar memperoleh 4 kursi dari 45.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index