Pekan Depan Berakhir, Ini Bocoran Sosok Pj Wako Pekanbaru yang Ditunjuk Mendagri

Pekan Depan Berakhir, Ini Bocoran Sosok Pj Wako Pekanbaru yang Ditunjuk Mendagri
Siapa kah sosok Pj Wali Kota Pekanbaru yang baru, atau malah Muflihun bisa mencetak hattrick?/Foto: TribunPekanbaru.com

RIAUREVIEW.COM -- Masa periodesasi jabatan Muflihun sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru berakhir pekan depan, atau tepatnya pada Kamis (23/5/2024).

Siapa kah sosok Pj Wali Kota Pekanbaru yang baru, atau malah Muflihun bisa mencetak hattrick?

Ya, sejauh ini belum ada yang bisa memastikan siapa Pj Wako yang baru. Sebab, Kemendagri RI yang punya kewenangan untuk ini, belum mengeluarkan surat resmi apapun. Hanya klaim pihak tertentu, termasuk untuk informasi yang sempat beredar nama Indra Pomi Nasution yang juga Sekda Pekanbaru, kemungkinan ditunjuk jadi Pj Wako.

Tapi perlu diketahui, selain Indra Pomi yang daftar namanya diusulkan lewat Gubernur Riau, nama lainnya yakni Hambali Nanda Manurung (Sekwan Pekanbaru), juga digadang-gadang bakal mendapat restu dan SK Pj Wako Pekanbaru. Kabar ini kian santer di beberapa kalangan.

Tidak kalah juga bagi Pj incumbent Muflihun. Pj Wako Pekanbaru dua kali ini juga ikut mengurus perpanjangan SK Pj Wako Pekanbaru yang baru, agar bisa jatuh ke tangannya lagi.

Dalam beberapa hari terakhir ini, Muflihun wara-wiri terbang Pekanbaru-Jakarta untuk urusan yang maha penting ini.

Diketahui, nama Muflihun tidak masuk daftar surat pengajuan usulan menjadi Pj Wako kali ini, baik dari DPRD Pekanbaru maupun dari Gubernur Riau, ke Kemendagri.

Hingga akhir pekan ini, ketiga sosok pesohor tersebut masih berjuang mendapatkan SK Pj Wako yang baru.

Melihat track record mereka ini, siapa yang tersingkir?

Terhitung dari sekarang, masih ada enam hari jelang masa habisnya jabatan Muflihun.

DPRD Pekanbaru selaku lembaga resmi, yang mengusulkan dan mengajukan nama pengganti Muflihun, masih menunggu surat resmi dari Kemendagri.

"Intinya Kemendagri belum keluarkan surat terkait Pj Wako baru ini. Jadi kami dari DPRD, sudah mengusulkan putra terbaik yang juga ASN Pemko, untuk ditunjuk Kemendagri sebagai Pj Wako," tegas Pimpinan DPRD Pekanbaru Ginda Burnama ST MT, sebelumnya kepada Tribunpekanbaru.com.

Untuk diketahui, DPRD Pekanbaru secara resmi merekomendasikan usulan persetujuan jabatan Pj Wali Kota Pekanbaru Hambali Nanda Manurung S Soa MSi, kepada Kemendagri pada tanggal 25 Maret 2024 lalu.

Surat DPRD Pekanbaru bernomor: B. 8001.13/DPRD-2/1505/2024 tersebut, ditandatangani semua pimpinan DPRD Pekanbaru.

"Usulan dari DPRD Pekanbaru ini usulan terbaik yang juga menjadi representasi masyrakat Kota Pekanbaru. Mudah-mudahan sesuai dengan nama usulan DPRD, Kemendagri bisa merealisasikannya," tegas Politisi Partai Gerindra ini lagi.

Hal yang sama juga disampaikan Pimpinan DPRD Pekanbaru lainnya T Azwendi Fajri SE MM. Politisi senior Partai Demokrat ini justru menegaskan, bahwa nama calon Pj Wali Kota Pekanbaru yang diusulkan DPRD Pekanbaru secara lembaga, sudah memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan.

Baik persyaratan umum, maupun persyaratan pangkat dan golongan, sesuai Permendagri No 4 Tahun 2023 Pasal 13 ayat 3 yang tentang JPT Pratama yang pejabatnya diiangkat menjadi Pj Bupati/Pj Wali Kota.

"Jadi, nama yang DPRD usulkan Hambali Nanda memenuhi persyaratan. Selain itu juga, kami pimpinan DPRD dan fraksi-fraksi juga sepakat, dan menandatangani surat yang dikirim ke Kemendagri," paparnya.

Lebih dari itu, DPRD Pekanbaru punya pertimbangan khusus kenapa hanya satu nama yakni Hambali Nanda, yang direkomendasikan dan diusulkan jadi Pj Wali Kota Pekanbaru.

Selain dinilai netral karena semua fraksi di DPRD Pekanbaru (terdiri lintas partai) merekomendasikannya, juga dinilai mampu menjalankan amanah sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru. Apalagi Kota Pekanbaru akan mengikuti Pilkada serentak pada November 2024 nanti.

"Kami sangat komprehensif dan punya pertimbangan matang mengusulkan sosok calon Pj Wako tersebut. Di samping itu juga, Hambali Nanda dinilai tahu dan punya solusi terkait permasalahan yang ada di Kota Pekanbaru. Kan clean dan clear. Makanya, kami harapkan Kemendagri menghormati usulan DPRD Pekanbaru ini," tegasnya.

 

 

 

Sumber: TribunPekanbaru.com 
 

Berita Lainnya

Index