Jurnal Unilak " Naik Kelas' di Sinta, Warek I Sebut Pengelolaan Jurnal Semakin Berkualitas

Jurnal Unilak
Keterangan foto( Ilustrasi) : LPPM menggelar kegiatan peningkatan kualitas bagi pengelola jurnal se Unilak beberapa waktu lalu, dibuka Rektor Unilak Prof Dr Junaidi.

RIAUREVIEW. COM --Kabar Baik menghampiri Universitas Lancang Kuning Pekanbaru dalam bidang pengelolaan jurnal, dimana jurnal yang di kelola dengan baik dan produktif "naik kelas" peringkat akreditasi di Science and Technology Index (Sinta). Keberhasilan ini semakin menambah jurnal di Unilak yang terakreditasi mulai dari peringkat Sinta 5 hingga peringkat Sinta 1 .

Sinta sendiri adalah sebuah laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek sehingga menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi. Sinta juga bisa diartikan sebagai sebuah database atau pusat data jurnal nasional terakreditasi. Bagi dosen, semakin banyak menulis dan publis maka dosen akan semakin di kenal dan dapat membantu peningkatan pengurusan pangkat. 

Dua jurnal yang "Naik Kelas" yaitu jurnal  Pustaka Budaya di Fakultas Ilmu Budaya Unilak terakreditas di Sinta 4, Jurnal Reila mampu bertahan di Sinta 2 dan Jurnal Elsya (Journal of English Language Studies) naik kelas ke akreditasi Sinta 2. Editor-in-chief of Elsya Journal Dr Budianto Hamuddin merasa bersyukur jurnal Unilak naik kelas. Dengan rasa syukur yang mendalam, kami ingin mengumumkan bahwa berkat kerja keras dan dedikasi tanpa henti selama lebih kurang enam tahun, Elsya telah resmi mendapatkan pengakuan sebagai jurnal "SINTA 2" berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 72/E/KPT/2024. Pengakuan ini adalah buah dari komitmen kuat tim editorial dan seluruh penulis untuk menciptakan riset berkualitas tinggi dalam studi bahasa Inggris, Ujar Dr Budi.

" Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Senat Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru, Indonesia, Tim RJI, serta seluruh tim editor dan reviewer yang telah menjaga standar dan etika publikasi dengan ketat. Pengakuan ini juga merupakan wujud nyata dari semangat kolektif dalam menyebarluaskan hasil-hasil riset yang berdampak di komunitas akademik secara global. Marilah kita terus bekerja sama untuk menjadikan Elsya sebagai platform riset yang tidak hanya berdampak tetapi juga mampu menjaga marwah Universitas Lancang Kuning dalam konteks diseminasi hasil riset dan publikasi. Ujar Dr Budi.

Wakil Rektor I Unilak bidang Akademik Dr Zamzami memberikan apresiasi kepada pengelola jurnal yang mampu naik akreditasi dan mempertahankan akreditasi. Kami mendorong setiap pengelola jurnal di Unilak dapat produktif, berkualitas dan mampu naik akreditasi jurnal hingga Sinta 1.

"Semoga ini menjadi motivasi bagi pengelola Jurnal lainya se lingkungan Unilak, manfaat jurnal yang terakreditasi dan naik peringkat sangat membantu dalam pemeringkatan perguruan tinggi, membantu profil dosen sebagai penileti dan penulis sehingga mereka semakin dikenal. Produkfitas karya dosen semakin baik." ujar Dr Zamzami (Rls)

 

Berita Lainnya

Index