Syukuran Pembangunan Jembatan Rantau Kasih, Warga Potong Kerbau

Syukuran Pembangunan Jembatan Rantau Kasih, Warga Potong Kerbau
Syukuran pembangunan jembatan Rantau Kasih/foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Masyarakat Desa Rantau Kasih, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar menggelar syukuran sekaligus peresmian atas selesainya pembangunan Jembatan Rantau Kasih, Sabtu (8/6/2024).

Peresmian Jembatan Rantau Kasih langsung dihadiri Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, dan pejabat Pemprov Riau terkait, serta Pj Bupati Kampar.

Syukuran yang dilaksanakan di sekitar jembatan tersebut sebagai ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam hal ini Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto yang membantu pembangunan jembatan tersebut.

Pasalnya, selama puluhan tahun masyarakat Desa Rantau Kasih yang ingin bepergian baik ingin ke arah Pekanbaru maupun ke Pelalawan dan Kuantan Singingi (Kuansing) tidak lagi naik turun menggunakan rakit penyebaran.

Sebab jembatan Rantau Kasih menghubungkan banyak desa. Baik itu yang berada di Kabupaten Kampar maupun di Kabupaten Pelalawan seperti Desa Segati, Gondai, Tasik (Kecamatan Langgam).

Tak hanya itu, jembatan Rantau Kasih menghubungkan Kabupaten Kampar dengan Kabupaten Kuansing. Dimana masyarakat Rantau Kasih yang ingin ke daerah Basrah tidak lagi menggunakan rakit untuk menyeberang.

Pada kesempatan tersebut masyarakat Desa Rantau Kasih memotong dua kerbau atas rasa syukur dengan selesainya pembangunan jembatan di desa mereka. Daging kerbau tersebut dimakan warga saat acara peresmian jembatan.

"Terimakasih Pak Pj Gubernur Riau yang telah membantu pembangunan Jembatan Rantau Kasih melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tahun 2023 sebesar Rp44,9 miliar," ungkap Kepala Desa Rantau Kasih, Ajisman.

Ajisman mengatakan, jika puluhan tahun masyarakat Rantau Kasih mendambakan pembangunan jembatan untuk mempermudah aktivitas.

"Puluhan tahun kami dambakan jembatan akhirnya bisa terwujud atas batuan pak Pj Gubernur Riau. Alhamdulillah pak, kami tak naik dan turun rakit penyeberangan lagi," ungkapnya.

Selain itu, Ajisman juga mengharapkan perbaikan jalan Kabupaten Kampar yang berada Desa Rantau Kasih perlu perhatian, baik dari Pemkab Kampar maupun bantuan keuangan Pemprov Riau.

"Kami laporkan pak Pj Gubernur, jalan di Desa Rantau kasih arah ke Sungai Pagar lebih kurang 9 Km dan baru beraspal sepanjang 2 Km, serta 4,5 Km jalan membutuhkan peningkatan. Kemudian sepanjang 30 Km menuju koridor jalan RAPP yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Pelalawan dan Kuansing," terangnya.

"Karena itu, kami berharap bantuan dari Pak Pj Gubernur agar menjadikan 30 Km jalan di Desa Rantau Kasih dialihkan menjadi ruas provinsi. Kami mohon Pak. Kami yakin dengan Pak Pj Gubernur, maka jalan di desa kami bisa ditingkatkan. Kami juga mendoakan semoga bapak bisa menjadi Gubernur Riau definitif kedepannya," tutupnya.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index