Idul Adha, Lapas Bengkalis Siapkan 7 Ekor Sapi

Idul Adha, Lapas Bengkalis Siapkan 7 Ekor Sapi
Muhammad Lukman.(dok)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Menjelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriyah, Lapas Kelas II Bengkalis sudah menyiapkan tujuh ekor sapi satu di antaranya dari Pemkab Bengkalis yang disalurkan melalui Baznas Bengkalis.

Hewan qurban ini akan dipotong dan dagingnya akan diberikan kepada petugas, masyarakat sekitar dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada hari raya Idul Adha 1445 H, Senin (17/6/2024).

"Alhamdulillah tahun ini kami akan memotong lima ekor sapi pada hari raya Idul Adha yang akan berlangsung, Senin (17/6/2024) mendatang," ujar Kepala Lapas Kelas II Bengkalis Muhammad Lukman di ruang kerjanya, Senin (10/6).

Ia didampingi Kepala KPLP Maiyuli menyebutkan, tahun ini jumlah sapi yang akan disembelih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Karena pihamnya menerapkan sistem menyambung bagi petugas Lapas Bengkalis yang akan berkurban tahun ini.

"Bahkan hewannya juga sudah kita pesan jauh-jauh hari agar kita mendalatkan hewan yang berkualias dengan bobot hewan sapi yang lumayan besar," ujarnya.

Lukman mengatakan, program berkurban bagi kalangan pegawai lapas sudah dicetuskan sejak tahun lalu. Jadi seluruh petugas Lapas diimbau untuk sama-sama menabung untuk berkurban pada tahun ini.

"Ya, Alhamdulillah program yang kita buat disambut antusias pegawai kita. Karena ini adalah untuk ibadah, dan biasanya pada waktu mendekati hari raya Qurban baru dilakukan pendaftaran. Maka ini dinilai kurang efektif dan dengan sistem menabung qurban ini cukup banyak peminatnya," ujar Lukman.

Tentu katanya lagi, melalui niat yang ikhlas agar ibadah qurban diterima di sisi Allah, maka nantinya daging kurban akan didistribusikan kepada peserta quran, warga sekitar dan juga untuk WBP.

"Kalau untuk warga binaan kita ini tak mungkin kita bagikan daging mentah, melainkan daging yang sudah kita masak, sehingga syiar idul qurban benar-benar dirasakan oleh semua pegawai dan juga WBP kita serta masyarakat sekitar," ujarnya.(ra)
 

Berita Lainnya

Index