Orangtua tak Perlu Khawatir, Pemprov Riau Siapkan Beasiswa Sampai Tamat

Orangtua tak Perlu Khawatir, Pemprov Riau Siapkan Beasiswa Sampai Tamat
Pj. Gubri SF Hariyanto/foto: riauterkini.com

RIAUREVIEW.COM --Para orangtua tidak perlu lagi khawatir akan biaya pendidikan menyekolahkan anaknya di SMA dan SMK swasta tahun 2024 ini. 

Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto sudah mengeluarkan kebijakan berupa Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 2 Tahun 2024, tentang Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) Afirmasi. 

Kebijakan tersebut dibuat sebagai upaya Pemprov Riau mengakomodir calon siswa yang tidak tertampung di SMA/SMK Negeri pada PPDB tahun 2024. 

Sedikitnya 2.438 calon siswa bisa diterima melalui jalur afirmasi. Pemprov Riau telah menyiapkan anggaran lebih kurang Rp3,9 miliar untuk biaya sekolah calon siswa gratis sampai tamat. 

“Jadi anak-anak tetap bisa bersekolah yang tidak tertampung di sekolah negeri. Karena daya tampung sekolah negeri juga terbatas. Selain itu, kita juga ingin sekolah swasta bisa tumbuh dan berkembang,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Roni Rakhmat kepada wartawan, Kamis (27/6/24). 

Roni juga menyampaikan, kebijakan tersebut dilakukan agar para calon siswa yang tidak tertampung di SMA/SMK negeri masih bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA/SMK yang dibiayai oleh Pemprov Riau sampai tamat alias gratis tanpa pungutan biaya apapun. 

Untuk jadwal penerimaan calon PPDB SMA/SMK Swasta jalur afirmasi  dibuka sehari setelah PPDB SMA/SMK Negeri diumumkan. 

“Kalau Pengumuman PPDB SMA/SMK Negeri Riau itu tanggal 1 Juli, maka setelah itu tanggal 2 s.d 5 Juli jalur afirmasi PPDB SMA/SMK swasta dibuka. Karena saat ini sampai 29 Juli kita masih lakukan pendaftaran PPDB SMA/SMK Negeri Riau,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, daya tampung SMA/SMK negeri di Riau hanya mampu menampung 92.965 siswa atau 76,53 persen dari tamatan SMP sederajat sebanyak 121.475 siswa.**

 

 

 

 

Sumber: riauterkni.com

Berita Lainnya

Index