PPDB SD Negeri Dimulai, Disdik Pekanbaru Buka Kuota 12.544 Siswa

PPDB SD Negeri Dimulai, Disdik Pekanbaru Buka Kuota 12.544 Siswa
Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal (foto: riauaktual.com)

RIAUREVIEW.COM --Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD negeri di Kota Pekanbaru tahun 2024 telah dimulai, Senin (1/7). Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, menyediakan kuota belasan ribu calon siswa untuk seluruh SD negeri.

Orangtua bisa mendaftarkan anak mereka secara online lewat laman situs PPDB tingkat SD di Pekanbaru yakni, sd.ppdbpekanbaru.id. Calon siswa bisa mendaftar selama empat hari hingga 4 Juli 2024 besok. Ada sejumlah syarat bagi calon siswa yang mengikuti PPDB tingkat SD di Pekanbaru tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, bahwa calon siswa harus memenuhi ketentuan batas usia. Mereka berusia maksimal tujuh tahun sebelas bulan pada 1 Juli 2024.

Kemudian calon siswa berusia minimal enam tahun pada 1 Juli 2024. Mereka yang berusia enam tahun dapat diterima jika calon siswa berusia tujuh tahun sudah tertampung sepenuhnya di sekolah.

"Kalau yang usai enam tahun bisa diterima bila calon siswa yang berusia tujuh tahun sudah tertampung seluruhnya di sekolah," terang Abdul Jamal, Senin (1/7).

Dirinya menyebut ketika daya tampung belum terpenuhi maka calon siswa yang berusia di bawah enam tahun terhitung tanggal 1 Juli 2024 dapat diterima.

Namun dengan syarat memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa. Mereka juga harus punya kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

Selain itu, calon siswa harus melengkapi sejumlah dokumen saat mendaftar PPDB SD di Pekanbaru. Dokumen tersebut yakni Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran atau surat keterangan lahir serta surat Keterangan psikolog jika berusia 5 tahun 6 bulan sampai 6 tahun.

Sementara, total kuota dalam PPDB tingkat SD Negeri tahun 2024 di Kota Pekanbaru mencapai 12.544 orang siswa. Kuota ini tersebar di 176 SD Negeri yang menyebar di seluruh wilayah kota.

"Kuota ini cukup banyak, orangtua calon siswa sudah bisa mendaftarkan anaknya mulai hari ini," ulas Jamal.

Jamal menyebut bahwa kuota penerimaan peserta didik yang mendominasi adalah jalur zonasi. Total kuota untuk jalur zonasi zonasi yakni 9.722 orang. Kemudian untuk jalur afirmasi sebanyak 2.207 orang dan jalur pindah orangtua sebanyak 615 orang.

"Tahun ini PPDB tingkat SD Negeri terbagi dalam tiga jalur. Yakni jalur zonasi, affirmasi dan jalur pindah orangtua," pungkasnya.

 

 

 

Sumber: riauaktual.com

Berita Lainnya

Index