Pendaftaran Beasiswa S1, S2 dan S3 Pemprov Riau Mulai Dibuka, Cek Syaratnya di Sini

Pendaftaran Beasiswa S1, S2 dan S3 Pemprov Riau Mulai Dibuka, Cek Syaratnya di Sini
Ilustrasi/foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Kabar gembira bagi para mahasiswa, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengumumkan pemberian beasiswa kepada para mahasiswa Riau yang sedang menempuh perkuliahan hingga jenjang S3 pada, Senin (1/7/2024) besok. Beasiswa yang diberikan yakni beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri dan Beasiswa Prestasi.

Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, Imron Rosyadi mengatakan, beasiswa ditujukan untuk memberikan biaya pendidikan bagi mahasiswa berprestasi maupun yang berasal dari keluarga kurang mampu di Provinsi Riau. Program tersebut juga berlaku untuk pelajar yang telah duduk di Perguruan Tinggi dan sudah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau.

"Jadi beasiswa Pemerintah Provinsi Riau meliputi program beasiswa bergelar dari jenjang pendidikan sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3) dan Profesi," kata Imron, 

Imron menyampaikan, program tersebut merupakan arahan dari Pj Gubernur Riau SF Hariyanto. Sebab di beberapa kesempatan saat penyerahan SK Penempatan PPPK tenaga guru di kabupaten kota Pj Gubernur Riau selalu memberi semangat agar para guru dapat melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang doktor. 

Sedangkan bantuan bagi mahasiswa berprestasi, syarat utama dimulai dari semester III angkatan 2023 serta melampirkan nilai Akademis (IPK) minimal 3.10 (bagi Ilmu Sosial) dan 3.00 (bagi Ilmu Eksakta).

"Bantuan beasiswa yang dianggarkan oleh Pemerintah Provinsi Riau bagi putra-putri Riau bertujuan untuk terciptanya potensi Sumber Daya Manusia di Provinsi Riau yang berdaya saing dan berintegritas sebagai usaha dalam pembangunan daerah," terangnya.

Untuk pendaftaran Beasiswa Pemprov Riau akan di mulai 1 Juli - 30 Agustus 2024. Tahapan seleksi berlangsung pada bulan September. Pengumuman penerima di infokan di website birokesra.riau.go.idatau di Perguruan Tinggi (PT) masing-masing.

"Dengan dukungan penuh dari Pemprov Riau diharapkan generasi masa depan Riau dapat meraih pendidikan yang lebih tinggi dan siap bersaing di era globalisasi," harapnya. 

Adapun syarat-syarat lain yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa antara lain, yakni Beasiswa Bidikmisi Jenjang D4-S1 Calon penerima merupakan mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Islam Riau. Kemudian, Universitas Lancang Kuning, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Abdurrab, Politeknik Caltex Riau, Politeknik Bengkalis, dan Universitas Pahlawan.

"Kemudian berasal dari keluarga kurang mampu yang ada di Provinsi Riau dan dibuktikan dengan berbagai surat keterangan. Selanjutnya, pendapatan kedua orang tua (maksimal pendapatan gaji kotor gabungan kedua orang tua) sebesar Rp4 juta," tutupnya.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index