AKBP (Purn) H. Asmar Ikuti Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Pemerintah Pusat Oleh BPK

AKBP (Purn) H. Asmar Ikuti Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Pemerintah Pusat Oleh BPK

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM--Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar memenuhi undangan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dalam agenda Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dan Penyerahan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023.

Acara yang dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta jajaran kabinet itu berlangsung di gedung Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, Senin (8/7/2024).

Adapun Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023 disampaikan langsung Ketua BPK RI, Dr. Isma Yatun kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bukan sebuah prestasi, melainkan kewajiban.

"Sering saya sampaikan, WTP bukan prestasi, tapi WTP adalah kewajiban menggunakan, menjalankan, dan mempertanggung jawabkan APBN dan APBD secara baik," ujarnya.

Presiden Jokowi juga mengimbau pemerintah pusat dan daerah untuk memperbaiki prosedur birokrasi yang rumit serta berharap reformasi struktural terus dilanjutkan agar pemerintah berjalan lebih efektif, efisien dan berorientasi pada hasil.

Lebih lanjut Jokowi meminta kepala daerah tetap menjaga inflasi di setiap daerah, dan menindaklanjuti serta menyelesaikan setiap rekomendasi BPK agar pengelolaan APBD dan APBN semakin baik.

"Disaat pertumbuhan ekonomi global melambat karena krisis ekonomi dan geopolitik, kita patut bersyukur tahun ini ekonomi Indonesia tumbuh 5,11 persen di kuartal pertama, oleh karena itu kita harus fokus dan mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun yang membawa kemajuan bagi negara ini," jelasnya.

Usai kegiatan, Plt Bupati Asmar menyatakan akan menindaklanjuti arahan Presiden RI. Disamping itu rekomendasi BPK RI terhadap Laporan Keuangan juga menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Tentu kita akan menindaklanjuti apa menjadi arahan dan perhatian Bapak Presiden, sebagaimana yang telah kita laksanakan selama ini," pungkas H. Asmar.

Turut hadir bersama Plt Bupati Asmar dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Fauzi Hasan. (Sp)

Berita Lainnya

Index