Hasil Survei Bacalon Pilkada Siak, Alfedri Masih Unggul, Ini Persentasenya

Hasil Survei Bacalon Pilkada Siak, Alfedri Masih Unggul, Ini Persentasenya
Foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Beberapa lembaga survei merilis hasil perhitungan persepsi masyarakat terhadap sejumlah nama Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Siak yang muncul di bursa pencalonan Pilkada Siak 2024.

Hasilnya, di urutan teratas didominasi oleh nama Alfedri. Surveinya melampaui sejumlah nama Balon lainnya yang muncul di Pilkada Siak.

Lembaga Intrapolnas menempatkan Alfedri di urutan pertama. Direktur Eksekutif Intrapolnas, Barry Eko Lesmana mengungkapkan survei dilakukan pada awal Juni lalu dengan 150 sampling yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Siak.

"Dari simulasi beberapa nama kandidat Calon Bupati Siak, hasil survei persepsi yang dilakukan oleh Intrapolnas, Alfedri mengungguli beberapa nama lain dengan raihan persentasi 67,3 persen. Disusul oleh Afni Zulkifli 20 persen, Muhammad Andri 3,3 persen, Sugianto 2,0 persen dan Indra Gunawan 1,3 persen," katanya ketika dikonfirmasi, Ahad (14/7/2024).

Dari Indikator Politik Indonesia juga mendapatkan hasil elektabilitas Alfedri mencapai angka 42,4 persen. Alfedri mengungguli nama-nama lain seperti Afni Zulkifli, Indra Gunawan dan Sugianto dari 400 sampling di seluruh kecamatan di Kabupaten Siak.

Selain itu, dari simulasi tiga nama saja elektabilitas Alfedri tetap unggul di angka 40 persen lebih. Hasilnya, Alfedri tetap tertinggi yakni 44 persen, Afni Zulkifli 22,2 persen dan Indra Gunawan 8,3 persen. Sedangkan 22 persen lainnya tidak tahu dan tidak menjawab.

Sementara itu dari syarat formil, saat ini juga baru Alfedri yang berpasangan dengan Husni Merza saja yang sudah dipastikan diusung partai politik. Pasangan petahana ini telah resmi didukung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan kekuatan 9 kursi di DPRD Siak.

Jumlah ini telah memenuhi syarat minimal 8 kursi atau 20 persen suara DPRD Siak untuk bersaing di Pilkada. Dukungan bisa semakin bertambah seiring belum adanya partai lain yangemetapkan dukungan.

Di sisi lain, para penantang Alfedri sampai saat ini belum ada yang secara resmi mendapatkan restu dari partai politik. Seperti halnya Afni Zulkifli yang meskipun berkartu tanda anggota Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sampai sekarang dukungannya masih belum turun.

Namun begitu, sosok Afni saat ini disandingkan dengan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Siak, Syamsurizal Budi. Selain itu, Parpol pemenang Kabupaten Siak, Partai Golkar disebut juga akan memberikan jalan padanya namun juga belum ada putusan resmi.

Nama lainnya seperti Indra Gunawan yang notabenenya adalah Ketua DPD II Golkar Siak belum terlihat pergerakannya. Terlebih lagi adanya kabar dukungan untuk calon di luar kader makin menimbulkan pertanyaan dirinya maju atau tidak.

Bakal calon lainnya yang digadang-gadang sudah berpasangan adalah Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Sugianto dan Ketua DPC PDIP Siak, Syahrul. Sama dengan yang lainnya, belum ada dukungan resmi dan mengaku masih berproses.**

 

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index