Sumatera Dikepung 167 Hotspot, Terbanyak di Jambi

Sumatera Dikepung 167 Hotspot, Terbanyak di Jambi
Ilustrasi/foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mendeteksi 167 titik panas (hotspot) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sumatera, terbanyak di Provinsi Jambi.

Forecaster on Duty BMKG Pekanbaru Bella R Adelia mengatakan, seluruh hotspot tersebar di sembilan provinsi, yakni Kepulauan Riau, Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Bangka Belitung. Hotspot tertinggi berada di Jambi mencapai 51 hotspot.

"Di Bengkulu ada 20 titik, Jambi 51, Lampung empat, Sumatera Barat delapan, Sumatera Selatan 35, Sumatera Utara dua, Kepulauan Riau satu, dan Bangka Belitung 29 titik," kata Bella Adelia, Sabtu (20/7/2024).

Khusus di Riau, hotspot karhutla tersebar di enam Kabupaten, yakni Kabupaten Kepulauan Meranti empat titik, Rokan Hilir satu titik, Rokan Hulu satu titik, Siak empat titik, Indragiri Hilir satu titik, dan Indragiri Hulu enam titik.

Sementara itu, cuaca di Kota Pekanbaru dan sekitarnya pada Sabtu (20/7/2024) diprediksi cerah dan berawan. Namun, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan akan turun i sebagian wilayah di Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Rokan Hilir, dan Kota Dumai.**

 

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index