Inspirasi Irving Mendesain Gedung MPP Siak Model Kupu-kupu Diakui Terbaik di Riau

Inspirasi Irving Mendesain Gedung MPP Siak Model Kupu-kupu Diakui Terbaik di Riau
MPP Siak (foto: cakaplah.com)

RIAUREVIEW.COM --Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berdiri megah di Komplek Perkantoran Tanjung Agung, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak diakui menjadi yang terbaik di Riau.

Desain gedung ini mendapat pujian dari Ombudaman Perwakilan Riau, Bambang saat acara soft launching dan peresmian pemakaian MPP Siak pada Maret 2024 lalu. Ia mengapresiasi atas berdirinya MPP dengan fasilitas lengkap yang menunjang digitalisasi dan E-Government.

"Kalau di Riau ini "The Best" dari yang sudah ada di Kota Dumai, Pekanbaru dan daerah lainnya. Kita sangat apresiasi ini dan ke depan kita lihat lagi pembangunan dan pemungsiannya. Secara ranking Siak berada di posisi atas se Riau soal pelayanan, apalagi kalau ditambah ada MPP maka akan naik peringkat," kata Bambang saat itu.

Gedung MPP Siak ini berdesain unik nan estetik terinspirasi dari kupu-kupu yang mengembangkan sayap.

Inspirasi desain gedung itu muncul di kepala Ir H Irving Kahar Arifin (Kepala Dinas PU Tarukim Siak) saat melihat seekor kupu-kupu yang terbang di dekatnya.

Kupu-kupu itu mencuri perhatian Irving karena terlihat indah ketika terbang dengan sayapnya yang lebar, sayapnya yang menawan bak melambai ke arah Irving kala itu.

Setelah mengamati kupu-kupu tersebut, dari situ muncul ide untuk mendesain model bangunan dengan memadukan gaya modern dan ornamen Melayu. Irving menyebut filosofi bentuk kupu-kupu mengembangkan sayap pada bangunan MPP Siak melambangkan keindahan kota Siak dan terbang membawa marwah kesultanan dari tanah bumi melayu Siak.

"Jadi saat itu yang paling dekat dengan saya kupu-kupu, setelah saya amati langsung muncul inspirasi untuk mendesain MPP ini. Namun tetap mengadopsi kebudayaan melayu Siak dipadukan dengan desain bangunan yang modern," cerita Irving, Jumat (20/9/2024).

Mantan Kepala Dinas PU Tarukim yang kini maju di Pilkada Siak 2024 itu berhasil mewujudkan pembangunan MPP nya. Bangunan ini tidak hanya dimanfaatkan untuk mengurus pelayanan publik tetapi juga menjadi tempat berswafoto yang sangat instagramable.

Irving Kahar Arifin menyampaikan MPP ini dibangun di atas lahan seluas 1,8 hektare dalam tiga tahap, untuk tahap awal dimulai pada 2022 pembangunan konstruksi beton dengan anggaran Rp6,5 miliar.

Kemudian tahap kedua yakni pembangunan struktur atap, interior dan finishing pada 2023 dengan anggaran Rp2,4 miliar.

"Dan tahun 2024 ini akan dilanjutkan dengan landscape dan fasilitas penunjangnya. Akan ada taman terbuka dibangun di kawasan MPP nanti," katanya.

Pada bagian belakang MPP ini juga akan dibuat Ruang Terbuka Publik (RTP). Sesuai Detail Engineering Design (DED), kawasan MPP akan dibangun fasilitas yang menyenangkan seperti taman dan gapura sekaligus menambah destinasi wisata di Siak.

"Sisi kanan MPP ini diperuntukkan sebagai Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan sisi kiri adalah pelayanan perizinan dan non perizinan. Dan ini belum rampung sepenuhnya, akan ada landscape RTP dilengkapi fasilitas penunjang lainnya, jadi yang mau urus perizinan nanti juga bisa sekalian berwisata melihat keindahannya," katanya.

MPP Siak dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni, dilengkapi juga dengan teknologi informasi versi 5.0 sehingga sistem keseluruhan sudah digitalisasi.

Di dalamnya ada 176 tenant atau kios pelayanan perizinan dan non perizinan. Sementara tenantnya ada 23 baik dari dinas atau instansi vertikal di Siak.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index