Tanggapi Keluhan Warga, Dinas PUPR Bengkalis 'Eksekusi' Perbaikan Jalan di Hutan Samak

Tanggapi Keluhan Warga, Dinas PUPR Bengkalis 'Eksekusi' Perbaikan Jalan di Hutan Samak
Alat berat perbaikan Jalan Janda Genong, Dusun Hutan Samak, Desa Titi Akar, Kecamatan Rupat Utara sedang bekerja memperbaiki kondisi jalan rusak, Selasa (22/10/2024).(sukardi)

RUPAT UTARA,RIAUREVIEW.COM—Menyikapi keluhan masyarakat Dusun Hutan Samak, Desa Titi Akar, Kecamatan Rupat Utara, yang minta pembangunan jalan di desanya diperhatikan pemerintah. Akhirnya, ditanggapi langsung Dinas PUPR Bengkalis, Selasa (22/10/2024).

Alat berat diturunkan untuk mengeksekusi ruas jalan yang rusak tersebut, diantaranya ruas Jalan Putri Bintang di RT.01/RW.08 menuju Jalan Penghubung Nibung, Jalan Awang RT.02/RW.08 di tiga titik, sekaligus normalisasi serta pembuatan bodi jalan agar lebih nyaman dilalui, selanjutnya ruas Jalan Handa Genong.

Kepala UPT Dinas PUPR Bengkalis Ujang, kepada media ini mengatakan, pemerintah daerah sangat berterimakasih kepada masyarakat, atas masukannya. Tentunya hari ini melalui kegiatan langsung dengan menurunkan alat berat, ruas jalan ini terlebih dahulu diperbaiki.

“Pemeliharaan jalan yang kami lakukan adalah langkah yang penting untuk keselamatan pengguna jalan. Banyak jalan yang atau yang mengalami kerusakan parah dan kami berkomitmen untuk terus melakukan pembagunan demi keselamatan bersama, demi kelancaran aktivitas masyarakat,”ujar Ujang kepada media ini.

Dikatakannya lagi, Pemkab Bengkalis melalui Dinas PUPR Bengkalis akan selalu memonitor nantinya, untuk perbaikan jalan dengan cara normalisasi dan evaluasi jalan, sekaligus nantinya dilakukan pembangunan.

“Kita juga menyampaikan bagi pihaknya yang sedang merencanakan untuk melakukan perencanaan matang, pada beberapa ruas jalan yang membutuhkan perbaikan lebih lanjut. Pekerjaan pemeliharaan yang kita lakukan sudah sesuai mekanisme dan ini penting dilakukan demi keselamatan pengguna jalan,”katanya lagi.

Ia juga menimpali, melalui kondisi rill dilapangan, banyak jalan berlobang dan berlumpur. Sehingga kondisi ini membutuhkan waktu agar proses perbaikannya berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami saat ini sedang melakukan perencanaan, mulai dari tali air jalan Poros Dusun Hutan Samak sudah sangat lama tidak dilakukan normalisasi tali air dan jalan satu-satunya masyarakat,”ujarnya.

Lebih lanjutn dikatakan Ujang, langkah-langkah pemeliharaan jalan yang dilakukan terhadap sejumlah ruas jalan di Dusun Hutan Samak, Kecamatan Rupat Utara  diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan keamanan infrastruktur jalan serta memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Titi Akar Adi Putra, Selasa (22/10/2024) mengutarakan, sesuai dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi), pihaknya berupaya memanfaatkan aset dan pasilitas yang ada untuk kepentingan masyarakat.

“Dalam menghadapi masukan dan kritikan, kami senantiasa terbuka. Pemerintah sering kali dihadapkan pada dua sudut pandang, positif negatif. Namun, upaya kami untuk melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan Desa Titi Akar, Dusun Hutan Samak, demi fungsionalitasnya merupakan hal yang wajar sebagai bentuk kontrol,”tegasnya.(ra)

 

Berita Lainnya

Index