Debut VAR di Spanyol: Sahkan Gol Sevilla ke Gawang Barcelona

Debut VAR di Spanyol: Sahkan Gol Sevilla ke Gawang Barcelona

TANGIER, RIAUREVIEW.COM -Federasi Sepakbola Spanyol akhirnya menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Dalam debutnya, VAR mengesahkan gol Sevilla ke gawang Barcelona.

VAR mulai diterapkan di semua pertandingan sepakbola Spanyol musim 2018/2019. Mereka mengikuti jejak Liga Italia dan Jerman yang sudah lebih dulu menerapkannya sejak musim lalu.

VAR, yang menuai pujian sepanjang Piala Dunia 2018, langsung diterapkan di laga Piala Super Spanyol 2018. Dalam laga yang pertemukan Sevilla vs Barcelona itu, VAR langsung memperlihatkan fungsinya.

Di Stade de Tanger, Maroko, Senin (13/8/2018), perdebatan langsung muncul di menit kesembilan usai pemain Sevilla Pablo Sarabia merobek gawang Barcelona. Posisinya dianggap sudah offside saat menerima sodoran di sisi kanan kotak penalti Blaugrana.

Hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Namun wasit Carlos Del Cerro langsung menggunakan VAR, kemudian mendapat jawaban jika posisi Sarabia nyatanya on side.

Keputusan pertama VAR di kompetisi Spanyol pun mengesahkan gol Sevilla ke gawang Barcelona. Laga itu sendiri akhirnya tetap dimenangi Lionel Messi dkk.

Gerard Pique dan Ousmane Dembele membalikkan keadaan menjadi 2-1. Barcelona pun menjadi juara Piala Super Spanyol 2018.

Sumber: detiksport.com

Berita Lainnya

Index