4 Penyebab Real Madrid Terpuruk di La Liga Spanyol

4 Penyebab Real Madrid Terpuruk di La Liga Spanyol

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Real Madrid terus terpuruk di La Liga Spanyol setelah kalah 0-3 dari Eibar, Sabtu (24/11). Ada sejumlah faktor yang membuat Los Blancos terpuruk di Liga Spanyol.

Kekalahan dari Eibar membuat Madrid kini berada di posisi enam klasemen sementara dengan torehan 20 poin. Tim asuhan Santiago Solari itu tertinggal enam poin dari Sevilla yang berada di puncak klasemen.

Madrid kini berada di bawah dua klub yang sebelumnya selalu berstatus sebagai klub gurem, yakni Deportivo Alaves dan Espanyol. Musim ini El Real baru meraih enam kemenangan dari 13 pertandingan Liga Spanyol, dan menelan lima kekalahan serta dua hasil imbang.

Apakah hengkangnya Cristiano Ronaldo dan pelatih Zinedine Zidane menjadi penyebab utama terpuruknya Madrid di Liga Spanyol? Berikut sejumlah faktor yang membuat Madrid terpuruk yang dilansir CNNIndonesia.com:

1. Buruk di Bursa Transfer

Dalam beberapa musim terakhir mesin perekrutan Madrid tidak bekerja dengan baik, dan puncaknya musim ini menjadi yang terburuk. Manajemen Madrid seperti tidak punya persiapan menghadapi hengkangnya Ronaldo dan Zidane.

Madrid berhadap Marco Asensio yang masih minim pengalaman bisa menggantikan peran besar Ronaldo. Gareth Bale tidak bisa diandalkan secara konsisten. Mendatangkan Mariano dan Vinicius Junior juga tidak menghasilkan output yang positif. Anehnya Madrid justru mendatangkan kiper Thibaut Courtois meski sudah memiliki Keylor Navas.

Kehadiran Julen Lopetegui dan Santiago Solari sebagai pelatih juga tidak banyak membantu. Pasalnya, Madrid telah kehilangan sosok pelatih sekaligus pemimpin tim dalam diri Zidane. Lopetegui dan Solari tidak memiliki kharisma yang sama dengan Zidane dalam melatih.

2. Hantu Cedera

Daftar cedera pemain Madrid terus bertambah musim ini setelah bek Alvaro Odriozola cedera pada laga kontra Eibar. Sebelumnya, Dani Carvajal, Gareth Bale, Nacho Fernandez, Casemiro, Sergio Reguilon, Sergio Ramos, Jesus Vallejo dan Karim Benzema juga sempat mengalami cedera.

Kondisi itu membuat Madrid tidak pernah benar-benar bermain dengan kekuatan penuh musim ini. Terlebih skuat Madrid tidak terlalu dalam musim ini.

3. Pemain Bintang Meredup

Pemain-pemain kunci Madrid seperti kehilangan sentuhan terbaik. Luka Modric dan Raphael Varane seperti meninggalkan penampilan terbaik mereka di Rusia saat tampil luar biasa di Piala Dunia 2018. Ramos dan Toni Kroos juga tidak mampu menunjukkan standar terbaiknya. Kondisi itu membuat Madrid hanya mampu melakukan clean sheet tujuh kali dari 19 laga di semua kompetisi musim ini.

4. Rumor Doping Ramos

Belakangan Ramos tersandung kasus dugaan menggunakan doping. Bek 32 tahun itu dikabarkan tidak lolos tes doping usai final Liga Champions 2017 melawan Juventus. Ramos juga diklaim menolak tata cara tes doping usai pertandingan menghadapi Malaga, April lalu.

Kabar itu menambah daftar masalah Madrid. Los Blancos praktis tinggal berhadap kepada Ramos untuk membangkitkan mental skuat setelah kepergian Ronaldo dan Zidane, namun mantan pemain Sevilla itu justru terkena masalah.

Berita Lainnya

Index