Wakili Bupati, Kadisdagperin Terima Penghargaan dari Mendag RI

Wakili Bupati, Kadisdagperin Terima Penghargaan dari Mendag RI

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Peresmian Daerah Tertib Ukur (DTU) dan Pasar Tertib Ukur (PTU) di Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/12/2018) turut dihadiri Menteri Perdagangan (Mendag) RI Enggartiasto Lukita. Dalam kegiatan itu, Pemkab Bengkalis mengutus Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis H Raja Arlingga.

Disela-sela kegiatan, ternyata Enggartiasto Lukita saat itu juga tengah memberikan penghargaan kepada daerah kabupaten/kota berkaitan dengan DTU dan PTU. Kabar menggemberikan untuk Kabupaten Bengkalis, yaitu diraihnya 2 penghargaan sekaligus dari Mendag RI di Bandung.

Menurut Kepala Disdagperin Kabupaten Bengkalis H Raja Arlingga, Jumat (7/12/2018). Pemkab Bengkalis hari ini diberi kepercayaan untuk DTU dan PTU, terbukti dari diterimanya penghargaan sertifikat unit metrologi dan pasar tertib ukur untuk Pasar Terubuk Bengkalis, karena Kabupaten Bengkalis sebelumnya telah membentuk unit metrologi legal dan pasar tertib ukur.

Raja mengatakan, dirinya bertindak mewakili Bupati Bengkalis Amril Mukminin dalam menerima penghargaan tersebut tentunya patut berbangga hati. Sebab, penghargaan ini diraih berkat kerjasama yang baik antara stakeholder di Kabupaten Bengkalis.

“Inginnya pak Bupati yang langsung menerima, namun dikarenakan kegiatan penyerahan penghargaan dari Mabes TNI, atas dukungan terhadap pelaksanaan TMMD ke-102 Tahun 2018, maka saya yang mewakili untuk kegiatan penyerahan penghargaan dari Mendag RI Enggartiasto Lukita di Bandung,” kata Raja Arlingga.

Mantan Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Disdagperin Bengkalis ini menyebutkan, pembentukan PTU merupayakan upaya pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk memberikan perlindungan kepada konsumen atas jaminan kebenaran hasil pengukuran, serta untuk memperkenalkan metrology dan pengembangan infrastruktur kemetrologian sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

Ia berharap, penghargaan yang telah diraih ini bisa menjadi momentum seluruh stakeholder untuk menjadikan pasar-pasar rakyat yang ada di negeri junjungan Bengkalis dapat ditetapkan dan mendapatkan penghargaan sebagai PTU.

“Sertifikat penghargaan ini diberikan untuk Pasar Terubuk Bengkalis. Kita berharap pada masa mendatang, pasar-pasar rakyat yang ada di Kabupaten Bengkalis juga dapat ditetapkan dan mendapatkan penghargaan yang sama,” katanya.

Dibagian lain, Raja Arlingga turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga kedua penghargaan dari Mendag tersebut diterima Kabupaten Bengkalis.

Sebagai informasi, saat peresmian DTU dan PTU di Bandung tersebut, Mendag meresmikan penetapan 197 pasar rakyat yang tersebar di wilayah kerja BSML (Balai Standardisasi Metrologi Legal) Regional I, II, III, dan IV sebagai PTU Tahun 2018. Mendag RI Enggartiasto Lukita juga  turut meresmikan 39 Unit Metrologi Legal Kabupaten/Kota yang baru yang akan beroperasi dan menyelenggarakan pelayanan tera dan tera ulang sesuai dengan wilayah kerjanya. (ab)

Berita Lainnya

Index