4 Korban Longsor di Pacitan Ditemukan Tewas

4 Korban Longsor di Pacitan Ditemukan Tewas
4 Korban Longsor di Pacitan Ditemukan Tewas.

PACITAN, RIAUREVIEW.COM -Empat korban tertimbun longsor di Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Pacitan, ditemukan tewas. Longsor di Pacitan terjadi setelah hujan deras mengguyur.

"Memang evakuasi baru bisa dilaksanakan pagi ini. Karena semalam hujan masih turun dan tebing yang longsor masih terus bergerak," ujar Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo yang dilansir detikcom, Sabtu (8/12/2018).

Keempat korban tertimbun longsor itu yakni Misgiman (62), Sogirah (46), Bogiyem (72), dan Katminem (58). Pencarian sebelumnya dialkukan tim reaksi cepat (TRC) BPBD, TNI/Polri, tim SAR dan dibantu warga. 

Jasad tiga korban dibawa ke masjid terdekat sebelum dimakamkan. Sedangkan jasad Misgiman dimakamkan di Desa Klesem atas permintaan keluarga.

"Salah satu kesulitan proses pencarian karena lokasi agak jauh dari jalan raya. Akibatnya alat berat juga kesulitan didatangkan ke lokasi," ujar Kapolres Pacitan AKBP Sugandi yang memimpin 200 personel polisi membantu evakuasi.

Sementara Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo mengatakan sebagian besar wilayah Pacitan merupakan kawasan rawan bencana. Karenanya, Pemkab mengimbau masyarakat tetap waspada.

"Kita terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya kewaspadaan dini dan tentu saja jangka panjangnya konservasi alam harus bersama-sama kita lakukan," ujar Yudi.

Longsor di Pacitan terjadi setelah hujan deras pada Jumat (7/12) hingga dini hari. Selain longsor, banjir terjadi di empat desa di Kecamatan Pacitan dan Kebonagung.

Berita Lainnya

Index