Pemberian Gelar Tertinggi Adat Melayu Riau Datuk Seri Setia Amanah Negara kepada Presiden

Pemberian Gelar Tertinggi Adat Melayu Riau Datuk Seri Setia Amanah Negara kepada Presiden

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Pemberian Gelar Tertinggi Adat Melayu Riau Datuk Seri Setia Amanah Negara kepada Presiden Joko Widodo, Jalan Dipenogoro, Pekanbaru, Riau, Sabtu (15/12/2018).

Acara dihadiri Ibu Negara Iriana, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, Pejabat Pemprov. Riau, Mahasiwa dan Pemuda Prov. Riau.

Acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran, lalu dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan LAM Riau tentang Penganugerahan Gelar Kehormatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau kepada yang Presiden Joko Widodo oleh Datuk DR. H. Syamsurizal, SE (Sri Mahkota Sempurna Negeri) selaku anggota Mejelis Kerapatan Adat LAMR.

Latar belakang pemberian Gelar Adat Melayu yang akan dilaksanakan antara lain sebagai berikut :

1. Ucapan Terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia karena 17 tahun Riau selalu dikunjungi oleh Asap, setelah adanya Kebijakan Presiden yang memerintahkan semua aparat dan relawan untuk ikut menanggulangi dan alhamdulillah 3 tahun ini asap tidak lagi muncul.

2. Hampir 20 tahun LAMR secara Masif dan Sistematis selalu menyampaikan rekomendasi untuk dapat dikembalikannya hak-hak masyarakat termasuk tanah dan hasil bumi untuk diberikan peran serta masyarakat dan alhamdulillah permintaan kami melebihi apa yang kami tuntut.

3. Instruksi Pres No. 8 tahun 2018 tentang Peningkatan produktifitas kelapa sawit ini menjadi peluang masyarakat Riau untuk mengambil peran dalam pengembalian haknya atas hutan tanah adat yang telah diusahakan secara ilegal oleh pihak tertentu.

4. Blok Rokan telah dikembalikan kepada anak bangsa yaitu pertamina, dalam alih kelola tersebut Daerah Riau ditentukan mendapat 10 % Participating Interest dan peluang untuk mendapatkan persentase lebih melalui mekanisme Busines or Bussines.

5. Adanya Proyek strategis nasional di Riau terutama infrastruktur Jalan Tol dan Lembangkit Listrik.

6. Realisasi Tora dan Perhutanan Sosial (PS) Untuk Masyarakat, serta adanya rencana mewujudkan Embarkasi antara untuk Jemaah Calon Haji Riau di Kota Pekanbaru. (Reza)

Berita Lainnya

Index