Sampah Plastik Ditemukan di Bangkai Pesut yang Terdampar di Riau

Sampah Plastik Ditemukan di Bangkai Pesut yang Terdampar di Riau
ilustrasi sampah plastik di laut

DUMAI, RIAUREVIEW.COM -Dua ekor pesut ditemukan tewas di wilayah pantai, Kota Dumai, Riau. Dari salah satu bangkai pesut tersebut ditemukan kantong plastik di mulutnya.

"Iya, itu plastik. Saya tidak bisa memastikan kenapa bisa ada di dalam mulutnya (pesut)," kata Pengelola Pantai Pulai Bungkuk Indah, Azhari (36), yang dilansir dari Antara dan detikcom, Senin (14/1/2019).

Dia menambahkan bangkai itu tidak terdapat bekas luka yang biasa ditemukan apabila satwa mati akibat terkena jaring maupun baling-baling kapal. Yang membuat dirinya heran adalah keluar cairan kuning dari tubuh pesut tersebut, dan ada kantong plastik di mulutnya.

Warga hingga kini tidak berani mengubur bangkai satwa itu karena takut akan timbul masalah, apalagi kabar yang beredar pesut itu mati diduga akibat keracunan limbah dari industri yang banyak di pesisir Dumai.

Ia menyayangkan hingga kini tidak ada Dinas Perikanan setempat maupun Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau yang memeriksa penyebab kematian pesut itu.

Warga hingga kini tidak berani mengubur bangkai satwa itu karena takut akan timbul masalah, apalagi kabar yang beredar pesut itu mati diduga akibat keracunan limbah dari industri minyak kelapa sawit yang banyak di pesisir Dumai.

"Sepertinya tidak ada pemerintah Dumai perduli dengan lingkungan," keluhnya.

Pesut itu ditemukan warga pada Rabu (9/1) dan Kamis (10/1). Bahkan, bangkai mamalia tersebut sempat dijadikan mainan oleh anak-anak setempat. Tingkah anak-anak yang bermain dengan bangkai hewan laut itu sempat divideokan oleh warga dan beredar di media sosial.

Berita Lainnya

Index