Jelang Pembukaan, Sekitar 1.000 Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf

Jelang Pembukaan, Sekitar 1.000 Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf
Pawai Ta'aruf: Jelang dibukanya pelaksanaan MTQ ke-XI tingkat desa Senggoro.

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Pawai Ta’aruf  jelang pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XI tingkat Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis dilepas secara resmi oleh Kepala Desa (Kades) Senggoro Basrah Hamid, Sabtu (19/1/2019) pukul 14.00 WIB.

Pawai Ta’aruf  itu diikuti sekitar 1.000 peserta dari 14 kafilah yang tampil di MTQ ke-XI tingkat Desa Senggoro,  Sabtu (19/1/2019) malam. Sejumlah atribut peserta pawai Ta’aruf terlihat di lokasi MTQ, mulai dari spanduk kafilah, kompang, becak hias dan anak-anak yang menjadi peserta MTQ.

Pantauan dilapangan, tampak seluruh peserta pawai ta’aruf mengenakan seragam kafilah sudah siap berkumpul sejak pukul 13.00 WIB. Orang tua dan anak-anak berbaur menjadi satu barisan untuk mengikuti pawai ta’aruf yang turut diperlombakan. Ada sekitar 14 peserta pawai ta’aruf dari perwakilan masjid, musahala/surau.

Pelepasan pawai ta’aruf, tepat pukul 14.00 WIB ditandai dengan pengibaran bendera di garis start tepat di depan surau Nurul Falah sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ. Persembahan tabuhan kompang dari masing-masing kafilah mengiringi pawai ta’aruf sore itu.

Peserta pawai ta’aruf yang dilepas resmi oleh Kades Senggoro Basrah Hamid melewati rute Jalan Senggoro-Bantan menuju ke Jalan Panglima Minal diteruskan masuk ke Jalan Megat kemudian melewati ruas Jalan Pramuka dan kembali ke Jalan Bantan-Senggoro hingga finis di lokasi MTQ tepatnya 20 meter dari Surau Nurul Falah atau Gang Datuk Jamal.

Kades Senggoro Basrah Hamid dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pawai ta’aruf ini diikuti oleh 14 kafilah se-Desa Senggoro. Ia berharap melalui pawai ta’ruf ini nantinya bisa menjalin kekompakan antar sesama warga dan pengurus masjid dan mushalla atau surau.

Dikatakannya, pawai ta’aruf ini dilaksanakan dalam menyambut pelaksanaan MTQ ke-XI tingkat Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis. Melalui kegiatan tahunan ini, Desa Senggoro bersepakat menunjuk Surau Nurul Falah sebagai tempat pelaksanaan MTQ Tahun 2018.

“Mari kita bersama-sama meramaikan kegiatan pembukaan MTQ ke-XI tingkat Desa Senggoro Tahun 2018 yang semula itu dijadwalkan pada Desember 2018, namun dikarenakan kesiapan belum matang, maka tetap dilaksanakan di Januari 2018 tepatnya hari ini tanggal 19 Januari 2019,” katanya.

Ia mengajak kepada masyarakat bersama-sama turut meramaikan kegiatan MTQ ke-XI tingkat Desa Senggoro pada malam hari nanti.

“Kepada masyarakat, khususnya masyarakat desa Senggoro untuk meramaikan pada malam pembukaan nantinya. Karena, MTQ kali ini dilaksanakan sesuai harapan bisa melahirkan generasi yang berprestasi, generasi muda qur’ani dan agamis di masyarakat.

MTQ Dibuka Wakil Bupati

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana MTQ Darussalam mengatakan, pelaksanaan MTQ tingkat Desa Senggoro ini akan diikuti sekitar kurang lebih 120 peserta utusan dari 14 kafilah.

Darussalam menambahkan, cabang yang diperlombakan selama MTQ ini diantaranya cabang morotal untuk anak-anak putra dan putri.

Kemudian cabang tilawah anak-anak putra dan putri. Selanjutnya cabang tilawah remaja putra dan putri, cabang tilawah dewasa putra dan putri. Seterusnya cabang syahril quran (pidato) putra dan putri, cabang fahmil qur’an (cerdas-cermat) putra dan putri.  Kemudian yang terakhir adalah cabang Qotil qur’an (kaligrafi) putra dan putri.

“Setidaknya ada enam cabang yang nantinya diperlombakan, jumlah peserta yang sudah final itu berjumlah 120 peserta dari utusan 14 kafilah. Malam nanti, untuk pembukaan MTQ akan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Bengkalis Ir. H Muhammad,”kata Darussalam yang juga Ketua Surau Nurul Falah ini.

Berita Lainnya

Index