Selisih Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Kian Tipis di Survei Median

Selisih Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Kian Tipis di Survei Median

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Lembaga Survei Median merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2019. Hasilnya, keunggulan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin semakin menipis dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Survei dilakukan pada 6-15 Januari 2019 terhadap 1.500 responden, populasinya seluruh warga yang memiliki hak pilih. Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error survei +/- 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei dilakukan dengan memberi pertanyaan kepada responden 'jika pemilihan presiden dilakukan saat ini, pasangan manakah yang Anda pilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia?'. Pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul atas Prabowo-Sandi dengan selisih 9,2 persen.

"Persis sebelum debat kandidat, dan ini kami menggunakan surat suara. Kami berikan surat suara dan mereka mencoblos. Kita lihat bahwa elektabilitas pasangan 01 itu 47,9 persen, elektabilitas atau keterpilihan Prabowo-Sandi itu 38,7 persen dengan gap atau selisih di antara keduanya 9,2 persen dengan undecided itu 13,4 persen," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun yang dilansir detikcom, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Dengan hasil tersebut, selisih elektabilitas kedua paslon sudah menyentuh satu digit. Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf dinilai stagnan, sementara elektabilitas Prabowo-Sandi terus tumbuh, tetapi lambat.

"Selisih elektabilitas atau jarak elektoral sekarang relatif menipis. Tetapi bisa kita lihat suara 01 relatif stagnan dan suara pasangan 02 itu tumbuh suaranya tapi relatif lambat, tidak spektakuler, tidak besar," ujar Rico.

Jika dibandingkan dengan hasil survei Median pada bulan November 2018, selisih elektabilitas keduanya masih berada di angka 12,2 persen.

"Bulan November, suara Jokowi-Ma'ruf Amin itu 47,7 persen, bulan Januari 47,9 persen, jadi naik 0,2 persen, naik sedikit sekali, jadi bisa kita katakan konstan ya. Prabowo-Sandi bulan November itu 35,5 persen, sekarang naik di angka 38,7 persen. Jadi bisa kita lihat ada kenaikan kurang lebih 3,2 persen dan penurunan undecided itu 3,4 persen," jelasnya.

"Memasuki bulan Januari itu selisih suara antara 01 dan 02 itu sudah memasuki single digit atau di bawah 10 persen. Jadi ini sudah mulai mendekat antara 01 dan 02," imbuh Rico.

Berikut hasil survei elektabilitas capres-cawapres oleh Median pada Januari 2019:

Joko Widodo-Ma'ruf Amin: 47,9 persen
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 38,7

Undecided voters: 13,4 persen

Sementara itu hasil survei elektabilitas capres-cawapres oleh Median pada November 2018:

Joko Widodo-Ma'ruf Amin: 47,7 persen
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 35,5

Undecided voters: 16,8 persen

Berita Lainnya

Index