Perdana, Meriahnya Gebyar Hadiah USP Penebal Teguh Mandiri

Perdana, Meriahnya Gebyar Hadiah USP Penebal Teguh Mandiri
Gebyar hadiah Unit Simpan Pinjam (USP) Penebal Teguh Mandiri, Desa Penebal berlangsung, Kamis (31/1/2019). (abadi)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Gebyar hadiah Unit Simpan Pinjam (USP) Penebal Teguh Mandiri, Desa Penebal berlangsung, Kamis (31/1/2019) sore. Kegiatan perdana diwilayah Kecamatan Bengkalis ini tampak meriah dan berlangsung di halaman kantor pemerintah desa Penebal.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Desa Penebal H Muhammad Saimin, Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Karya Bathin Bersama Abadi, Amd, Korcam Pendamping Desa Beri Pratama, S.Ip, perwakilan Bankriaukepri dan Bank BRI Cabang Bengkalis, Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa setempat serta seluruh pemanfaat dari USP Penebal Teguh Mandiri.

Direktur BUMDesa Karya Bathin Bersama Abadi, Amd dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Gebyar hadiah SHU USP Penebal Teguh Mandiri ini perdana terlaksana diwilayah Kecamatan Bengkalis, pasca peleburan UED-SP menjadi USP di bawah BUMDesa Karya Batin Bersama.

Menurut Abadi, hadirnya BUMDesa ini nantinya diharapkan bisa menciptakan unit-unit yang lebih terarah sehingga bisa berkontribusi terhadap pembangunan di desa. Selain itu, hadirnya BUMDesa ini bisa menciptakan peluang penguatan ekonomi di masyarakat.

“Melalui Gebyar hadiah USP Penebal Teguh Mandiri ini, BUMDesa tentunya punya gambaran dan peluang besar, bagaimana bayangan kedepan unit usaha ini bisa memberikan pendapatan asli desa (PADesa) yang lebih baik untuk pembangunan dan memperkuat ekonomi masyarakat desa, sehingga harapan kepada pengelola USP bisa lebih bersemangat dalam mengemban tugas-tugasnya serta melayani masyarakat desa, untuk kegiatan kali ini tentunya sudah baik dan sukses dilaksanakan USP Penebal Teguh Mandiri, berharap bisa ditingkatkan pada rangkaian kegiatan berikutnya,”kata Abadi.

Sementara itu, Kepala Desa Penebal H Muhammad Saimin menjelaskan pelaksanan gebyar hadiah USP Penebal Teguh Mandiri ini perdana dilaksanakan, pasca peleburan UED-SP menjadi USP dibawah BUMDesa Karya Batin Bersama Desa Penebal, Kecamatan Bengkalis.

Melalui program USP ini, sambung Muhammad Saimin tentunya masyarakat sangat-sangat terbantu dan diberi kemudahan dalam urusan pinjaman modal usaha. Tentunya, pemerintah desa sangat mendukung upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa ini.

“Insyallah kami pemerintah desa sangat mendukung, karena hari ini USP sangat membantu sekali masyarakat. Kemungkinan pinjaman di bank tidak bisa didapat, maka USP memberikan memudahkan itu kepada masyarakat desa Penebal. Kami sangat bersyukur kepada pemerintah daerah bisa mengucurkan dana ke BUMDesa, mudah-mudahan kedepan BUMDesa bisa lebih dapat mengembangkan dengan membuka unit-unit BUMDesa ini, untuk menambah PADesa,” kata Muhammad Saimin.

Berbicara potensi dan peluang ekonomi desa yang bisa dikembangkan di Desa Penebal. Muhammad Saimin menjelaskan, potensi di Desa Penebal cukup banyak, terutama lahan terlantar dan kosong, diharapkan kedepan bisa digarap melalui pertanian dan perkebunan jangka panjang. Melalui modal usaha, tentunya peran USP serta BUMDesa untuk menangkap peluang yang ada.

“Khusus desa Penebal, potensi paling besar itu ad di pertanian dan perkebunan, serta nelayan. Sehingga masyarakat yang mendapat modal bisa terbantu membantu usaha masyarakat tersebut. Jika program unggulan, kami memandang kedepan disamping pertanian perkebunan, kedepan nelayan dan usaha peternakan menjadi potensi yang perlu ditingkatkan dimasyarakat, peluang ini akan kita kejar nantinya bersama perangkat desa dibantu BUMDesa. Artinya, hari ini persentase dari USP ini sangat baik,” tandasnya.

Rangkaian kegiatan itu di isi dengan penyerahan Pendapatan Asli Desa (PADesa) senilai Rp 10.067.900 dari Direktur BUMDesa Abadi kepada Kades Penebal Muhammad Saimin. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan  hadiah kepada pemanfaat USP terbaik dari besar pinjaman Rp 4 juta sampai Rp 30 juta. Untuk hadiah itu, kegiatan dipandu Ketua USP Penebal Teguh Mandiri Muhadi, gebyar  USP Penebal Teguh Mandiri kali ini bertabur hadiah menarik yang telah disiapkan pengelola USP. (ab)

Berita Lainnya

Index