Kades dan Tim Bencana Karhutla Berjibaku Padamkan Api

Kades dan Tim Bencana Karhutla Berjibaku Padamkan Api
KARHULTA : Tim siaga bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), terdiri dari Damkar Siak Kecil dibantu Manggala Agni, Polri, TNI dan Masyarakat Peduli Api (MPA), Kepala Desa (Kades) setempat harus berjibaku memadamkan api, Sabtu (16/2/2019)

SIAK KECIL, RIAUREVIEW.COM — Musim penghujan telah berlalu. Giliran cuaca panas menerpa sejumlah wilayah di Riau. Tak terkecuali, di wilayah Kabupaten Bengkalis yang saat ini mulai disibukkan dengan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) disejumlah hotspot (titik api).

Siaga bencana Karhutla telah diberlakukan. Tentu tim Bencana Karhutla telah diberi aba-aba untuk mengamankan seluruh wilayah rawan Karhutla. Seperti di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. Luas lahan terbakar sudah mencapai 20 hektar. Dilokasi, tim siaga bencana Karhutla harus berjibaku memadamkan api.

Untuk pemadaman api telah diupayakan tim siaga Bencana, mulai dari Damkar Siak Kecil dibantu Manggala Agni, Polri, TNI dan Masyarakat Peduli Api (MPA) setempat. Tak terkecuali Kepala Desa (Kades) serta perangkat hingga terendah sekalipun.

"Benar telah terjadi kebakaran lahan dan kebun sawit milik masyarakat di desa kita. Untuk pemadaman kita bekerja sama dengan tim Damkar dibantu TNI, Polri, Manggala Agni, kita harapkan hari ini titik api dapat dipadamkan dan kebakaran tidak merebak kemana-mana,”ujar Suyatno, Kepala Desa Bandar Jaya kepada RiauReview.com, Sabtu (16/2/2019) sore.

Lebih lanjut Suyatno menjelaskan, hotspot ditemukan sejak Jumat (15/2/2019) sekitar pukul 11.40 WIB. Luas lahan yang terbakar sudah mencapai 20 hektar atau dua blok yang sudah dilalap api. Kondisinya saat ini sebagian lahan kosong dan sebagian lagi telah ditanami sawit milik masyarakat.

Sementara itu, Yudi salah seorang petugas Damkar Siak Kecil mengutarakan, saat ini tim fokus memadamkan api untuk melokalisir titik api supaya tidak melebar kemana-mana. Melalui pemadaman secara beregu dan terstruktur di bantu TNI-Polri, Manggala Agni, MPA, serta perangkat Desa Bandar Jaya. Berharap lahan yang terbakar bisa secepatnya padam.

“Saat ini tim fokus memadamkan api untuk melokalisir titik api supaya tidak melebar kemana-mana,”tuturnya.

Lahan Perusahaan Turut Terbakar

Sementara itu dari pantauan lokasi, masyarakat yang minta namanya dirahasiakan mengatakan, Karhutla saat ini turut membakar lahan milik salah satu perusahaan perkebunan sawit, PT SSS diduga memiliki lahan dilokasi yang saat ini turut dipadamkan tim pemadam.

“Lokasi terbakar berada di Dusun Bandar Sari, Desa Bandar Jaya. Berada tidak jauh dari lahan perkebunan milik perusahaan. Dari kejauhan asap kebakaran terlihat dan tim pemadam saat ini dilokasi untuk mematikan api, kita harapkan api dapat dipadamkan", ujar warga tersebut.(kr/mr)

Berita Lainnya

Index