Camat Bengkalis Buka Resmi STQ ke-XX Kelurahan Rimba Sekampung

Camat Bengkalis Buka Resmi STQ ke-XX Kelurahan Rimba Sekampung
Pembukaan STQ ditandai penekanan tombol serine oleh Camat Bengkalis Ade Suwirman, S.STP, M.Ap didampingi Lurah Rimba Sekampung Dian Rachmadhany, S.STP, Ketua Panitia Penyelenggara Khairul Saleh, SH, MH, Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis H. Zainudin Yusuf

 

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM — Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ ) ke-XX Tahun 2019 Masehi/1440 Hijriah resmi dibuka, Sabtu (23/2/2019) malam. Pembukaan STQ yang berlangsung di Komplek Perumahan Koramil Bengkalis tepatnya samping Mushalla Al-Azhar, Jalan Cokroaminoto.

Pembukaan STQ ditandai penekanan tombol serine oleh Camat Bengkalis Ade Suwirman, S.STP, M.Ap didampingi Lurah Rimba Sekampung Dian Rachmadhany, S.STP, Ketua Panitia Penyelenggara Khairul Saleh, SH, MH, Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis H. Zainudin Yusuf, Ketua DPH LAMR Kabupaten Bengkalis H. Sofyan Said, dan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Zamzami, SH serta perwakilan LPTQ kecamatan Bengkalis.

Sebelum pembukaan berlangsung, Group Qasidah RW 01 Rimba Sekampung tampil menghibur undangan yang hadir. Dilanjutkan dengan penampilan tari persembahan anak-anak SD Negeri 05 Bengkalis dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh qoriah terbaik di Kecamatan Bengkalis.

Lurah Rimba Sekampung Dian Rachmadhany, S.STP dalam sambutannya mengatakan, terlaksananya STQ ke-XX Kelurahan Rimba Sekampung ini tidak terlepas dari kerja keras panitia dibantu dengan tokoh masyarakat di Kelurahan Rimba Sekampung.

Ia mengaku sangat berterimakasih atas suksesnya pembukaan STQ. Sebab, STQ yang diselenggarakan ini merupakan agenda pemerintah yang setiap tahunnya dilaksanakan melalui tingkatan terendah dari desa, kecamatan, kabupaten hingga tingkat provinsi dan nasional.

Dian menjelaskan, kegiatan STQ ini diharapkan tidak hanya sekedar mengangkat seremonialnya saja. Namun, disamping seremonial juga menjadi syiar Islam dan tentunya menjadi barometer untuk hasil pembelajaran Al-Qur’an.

“Kegiatan ini diharapkan tidak hanya sekedar seremonialnya saja yang ditunjolkan. Namun, tentunya sebagai syiar Islam dan tentu menjadi barometer untuk hasil pembelajaran Al-Qur’an kepada generasi muda dan masyarakat, kami hari ini mendorong penuh melalui pemantapan dan penganggaran untuk guru-guru mengaji nantinya,”kata Dian.

Menurutnya lagi, atas terselenggaranya kegiatan ini Kelurahan Rimba Sekampung saat ini diakui masih membutuhkan perhatian dari pemerintah daerah dan kecamatan. Terutama dalam hal penganggaran untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Alhamdulillah, ditengah harapan kami terhadap perhatian pemerintah. Tahun ini pemerintah mulai fokus mengalokasikan anggaran kelurahan melalui dana alokasi umum, sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan yang berlaku, mudah-mudahan dengan upaya ini pemberdayaan dan pembinaan masyarakat bisa terwujud dengan baik serta hasil yang baik,”tandsnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana STQ ke-XX tingkat Kelurahan Rimba Sekampung Khairul Saleh, SH, MH dalam laporannya menjelaskan, untuk kegiatan STQ ini semua bersumber dari DIPA Kelurahan Rimba Sekampung. Tujuan kegiatan sebagai momen untuk mendorong meningkatkan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an di lingkungan keluarga, masyarakat dan bangsa.

Untuk cabang di STQ ini, sambungnya. Terdiri dari cabang tartil putra dan putri, cabang tilawa terdiri dari anak-anak putra dan putri, serta remaja putra dan putri, serta dewasa putra dan putri. Kemudian cabang tahfiz qur’an dengan total peserta 141 peserta.

“Kegiatan ini bersumber dari DIPA Kelurahan Rimba Sekampung sebesar Rp 22 juta, kemudian dibantu dari sumbangan RT/RW se-Kelurahan Rimba Sekampung berjumlah 4 RW, 21 RT dan dibantu oleh para donatur lainnya yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini,”katanya.

Khairul menambahkan, pelaksanaan STQ tahun ini mengusung tema Al- Qur’an Sebagi pencerahan Kehidupan Bangsa dan Bernegara Yang Rukun dan Damai. Sehingga diharapkan kepada peserta benar-benar tampil lebih baik untuk meraih prestasi.

Pembukaan STQ turut dihadiri oleh sejumlah undangan dari Ketua Masjid Raya Istiqomah H. Arianto, MP kemudian sejumlah undangan lainnya dari tokoh masyarakat. Malam itu juga penyerahan piala bergilir dari RW 01 kepada panitia berlangsung berakhirnya pembukaan STQ.(ab)

Berita Lainnya

Index