Fakultas Hukum Unilak MoA dengan KPPU Republik Indonesia

Fakultas Hukum Unilak MoA dengan KPPU Republik Indonesia

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Fakultas Hukum (FH) Universitas Lancang Kuning (Unilak) terus  meningkat kerjasama dengan berbagai lembaga, di hari Selasa (26/02/2019) FH Unilak melakukan MoA (Memorandum of Agreement) dengan KPPU Republik Indonesia.

Acara penandatangan MOA ini dilakukan di Aula Pustaka Unilak, di saksikan oleh Rektor Unilak Dr.Hj Hasnanti, SH., MH, Wakil Rektor II Erminasari, STP., MSc, Wakil Rektor III Dr. Eddy Asnawi, kepala bidang kerjasama Ir. Masnur Putra Halilintar, M.Sc. Sementara dari KPPU Riau hadir Sekjen KPPU  Ir. Charles Panji Dewanto dan rombongan.

Selain melakukan MoA juga diadakan seminar nasional tentang hukum persaingan usaha dan pengadaan barang dan jasa di Indonesia dengan narasumber Taufik Ariyanto Arsad (KPPU) dan Cenuk widiyatrisna Sayekti, PhD yang diikuti oleh 450 mahasiswa FH Unilak.

Dekan FH Unilak saat ditemui menyebutkan MoA ini merupakan langkah kita untuk memuluskan jalan kita, salah satunya  dalam program pemagangan di KPPU, pemagangan ini diminati oleh mahasiswa untuk menambah pengetahuan dan bagi KPPU lebih gampang untuk memberikan materi kuliah kepada mahasiswa tentang persaingan usaha.

Sementara itu sekjen KPPU RI Ir. Charles Panji Dewanto menyebutkan sejak KPPU berdiri 18 tahun lalu, KPPU telah melaksanakan peran sebagai pengawal prinsip persaingan usaha yang sehat di Indonesia serta menjadi pelaksana penegakan hukum persaingan usaha sebagaimana yang diamanatkan UU.

"Ada tiga  tugas utama KPPU yaitu, penegekan hukum', pemberian saran, pertimbangan dan pemerintah, serta pengawasan dan merger," ujar Charles.

Disebut Charles Hingga kini KPPU telah memiliki lima kantor perwakilan yaitu, Medan, Batam, Makasar, Surabaya dan Balikpapan.

KPPU membutuhkan institusi termasuk Unilak, ini menjadi sangat penting dapat berupa kerjasama, dan kajian kebijakan Pemda yang memiliki kaitan terkait persaingan usaha. Serta kegiatan lain sosialisasi, advokasi serta mengadakan kuliah umum dan memanfaatkan dosen-dosen mitra KPPU.

Dijelaskan lagi, KPPU telah memiliki 22 mou dengan perguruan tinggi di Indonesia, kami akan berupaya MOU/MOA yang ditandatangani pihak mitra dapat berjalan efektif dan menguntungkan.

Sementara itu Rektor Unilak menyebutkan bahwa kerjasama dan seminar ini sangat bermanfaat bagi peserta dan pengajar di Unilak. Banyak mendapatkan ilmu tentang praktek-praktek usaha yang tidak sehat, persongkokolan tender maupun praktek monopoli.

Kami yakin sosialisasi yang dilakukan oleh KPPU mampu mengurangi pelanggaran yang terjadi.

Berita Lainnya

Index