BUMDes Setia Pati Melalui Unit USP Menggelar Acara Gebyar Bagi-bagi Hadiah

BUMDes Setia Pati Melalui Unit USP Menggelar Acara Gebyar Bagi-bagi Hadiah

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Setia Pati Desa Kelapapati Melalui Unit Usaha Simpan Pinjam (USP) hari ini, Selasa, (26/2/2019) menggelar acara gebyar Bagi-bagi hadiah, acara gebyar bagi-bagi hadiah merupakan format baru dari kegiatan Musyawarah Pertanggung jawaban (MDPT) sebelumnya bernama UED-SP yang kini Menjadi salah satu Unit BUMDes.

Acara berpusat di halaman kantor BPD dihadiri oleh Camat Bengkalis Ade Swirman S.STP MS.I, Advisor Pendamping Desa Bidang Ekonomi, Marvin Samudra, Korcam Bengkalis Bery Pratama S.IP serta para tamu undangan lainnya.

Dihadapan para pemanfaat Ketua USP M. Afan Agustian S.Kom dalam laporannya menjelaskan bahwa sisa hasil usaha USP pada tahun 2018 sebesar 83.6 juta lebih dengan rincian pembagian kedalam beberapa item.

"Dari SHU kita sebesar 83.6 Juta dibagi beberapa item, diantaranya 10% atau 8.3 juta untuk cadangan modal, 13 persen untuk bonus pelaku atau sebesar 10.8 juta yang dibagikan buat pengelola, door prize dan biaya MDPT sebesar 41 persen digunakan untuk hadiah dan biaya MDPT, dana sosial 10 persen dengan dana sebesar 8.3 juta, simpanan pokok 20 persen atau sebesar 16.7 juta serta inventaris sebesar 1 persen atau 5 juta," ujar Afan.

Ia juga mengatakan, Dana sosial ini kita sumbangkan untuk warga kita yang mengalami musibah kebakaran sebesar 500 Ribu untuk MTQ 3juta dan sisanya untuk membeli sembako.

Pada kesempatan tersebut Afan juga mengatakan bahwa dirinya mewakili pengelola USP akan bertekad memperbaiki segala kekurangan dan berusaha kearah yang lebih baik lagi, serta mengajak kepada para pemanfaat agar bisa membayar angsuran pinjaman dan tidak marah jika dikunjungi petugas.

"Mewakili pengurus semoga bisa kami perbaiki dan akan lebih baik lagi untuk masa akan datang, dan kepada Bapak ibuk yamg menunggak bisa agar bisa membayar angsurannya, seandainya dari petugas kami ada mengunjungi rumah bapak ibu jangan marah karena kami hanya menjalankan tugas," ujarnya.

Sementara itu Kades Kelapapati, Dasril S.Sos dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pengelola serta menjelaskan kenapa dalam beberapa bulan terakhir tidak dapat melakukan pencairan dana USP.

"Kami dari Pemerintah Desa Kelapapati mengucapkan terima kasih kepada pengelola USP atas terselenggaranya kegiatan gebyar bagi hasil ini, kenapa dalam beberapa bulan ini tidak dapat melakukan pencairan dana USP disini kami jelaskan, pertama karena sedang dalam proses inventarisasi aset, kedua karena Masa jabatan Kades telah berakhir serta pengunduran direktur BUMDes kit," ujar Dasril.

Sementara itu Camat Bengkalis Ade Swirman S.STP MSI dalam sambutannya mengajak agar tidak sekedar gebyar bagi-bagi hadiah melainkan momen membangkitkan semangat menjadi BUMDes percontohan.

"Mari sama-sama bangkitkan semangat kita tidak sekedar gebyar bagi hadiah tapi mari kita bangkitkan dan jadi percontohan," katanya.

Acara dilanjutkan dengan pembagian Hadiah kepada para pemanfaat yang beruntung dalam acara tersebut.

Berita Lainnya

Index