Diskes Perkuat Layanan Kesehatan Rujukan Dokter Spesialis

Diskes Perkuat Layanan Kesehatan Rujukan Dokter Spesialis
Dinas kesehatan (Diskes) Kabupaten Bengkalis menjalin kerja sama dengan UPT Dinas Kesehatan Siak Kecil, Senin (18/3/2019). (Abadi)

SIAK KECIL, RIAUREVIEW.COM -Optimalisasi pelayanan kesehatan masyarakat menjadi perhatian khusus dari pemerintah kabupaten Bengkalis. Melalui program pelayanan kesehatan rujukan dokter spesialis. Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bengkalis menjalin kerja sama dengan UPT Dinas Kesehatan Siak Kecil, Senin (18/3/2019).

Program yang diberi nama pelayanan kesehatan rujukan dokter spesialis akan dilaksanakan enam kali dalam setahun. Hal itu terungkap dalam kunjungan pelayanan kesehatan di Puskesmas Lubuk Muda, Kecamatan Siak Kecil.

Hadir dalam pelayanan kunjungan rombongan dokter spesialis diantaranya, Dona Riska Madyanti SKM, Kasi Kesehatan rujukan Bengkalis, Dimas Asri Agustien SKM, Kasi kesehatan primer dan penunjang Bengkalis serta di dampingi beberapa dokter spesialis diantaranya dr. Marta Hadinata Sp.B (bedah), spesialis kebidanan dan kandungan, dr. Fadler  Hidayat , Sp.OG, dan dr. Agnismaya Wonoagung Sp.PD, spesialis penyakit dalam.

Menurut pantauan dilapangan kemarin, Puskesmas Lubuk Muda terlihat masyarakat sangat antusias untuk berobat. Salah satunya Asima Dibela (10) bulan bersama ibunya warga desa Koto Raja, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Riau. Keluhan penyakit yang diderita Asima adanya kelainan kelamin seperti benjolan. Menurut keterangan orang tua asima, kelainan ini ditemukan sejak lahir.

Menyikapi penyakit Asima ketika di konfirmasi langsung dengan dokter bedah spesialis, dr. Marta Hadinata Sp.B (Bedah) menjelaskan, penyakit yang di derita Asima cenderung tahap ini untuk pemeriksaan awal, selanjutnya setelah usia Asima dewasa dilakukan tindakan pemeriksaan dari dokter spesialis kulit. " menurut keterangan orang tua Asima kelainan kelamin atau benjolan merupakan pembawaan sejak lahir, oleh  karena itu kita menunggu usia Asima dewasa dan melihat perkembangan benjolan yang di alaminya, berikutnya Asima akan di sarankan diperiksa dokter spesialis kulit", terang dr. Martha SpB sembari menyarankan Asima diperiksa oleh dokter spesialis kulit dikarenakan penyakit ini lebih cenderung ke kulit.

Terpisah, Kepala UPT Puskesmas Lubuk Muda dr. Tuana Yosep Manalu menjelaskan, agenda kunjungan dokter spesialis ke daerah diharapkan dilaksanakan secara rutin.

"Kita harapkan kunjungan dokter spesialis kedaerah secara rutin dilakukan atau diperbanyak. Untuk menimalisir penyakit yang selama ini tidak dapat ditangani di UPT. Yang paling urgen Diskes Kesehatan Bengkalis menyediakan instrumen medis serta membangun sarana prasarana gedung puskesmas yang layak sesuai dengan rekomendasi surveiyor akreditasi agar dapat di lanjutkan reakreditasi (akreditasi ulang) dikarenakan akreditasi ulang sekali dalam tiga tahun,” katanya. (kr)

Berita Lainnya

Index