Diarahkan Pindah TPS Lainnya, Kertas Suara Tetap tak Tersedia

Diarahkan Pindah TPS Lainnya, Kertas Suara Tetap tak Tersedia
Penghitungan suara di TPS tetap berlangsung meski terdapat kekurangan surat suara.

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Sejumlah TPS dikecamatan Bengkalis menuai kritikan dari masyarakat saat pencoblosan. Pasalnya, kertas surat suara kekurangan salah satunya di TPS 007 ada sekitar 45 orang terancam tidak menggunakan hak pemilihnya.

Jumlah pemilih meningkat untuk pemilih menggunakan KTP dan KK berjumlah 30 orang sedangkan yang mendapatkan undangan A5 yang belum memilih ada sekitar 10 orang

Ketua KPPS TPS 007 Mulyadi sudah mencoba untuk menghubungi pihak KPU tetapi tidak bisa dihubungi untuk memberitahukan kekurangan kertas suara tersebut.

"Ada sekitar 45 lembar kertas suara kurang. Kita sudah mencoba hubungi KPU tapi tidak bisa dihubungi. Kami juga bingung solusinya bagaimana. Karena banyak pemilih sebagian diarahkan ke TPS 007 karena menemukan masalah yang sama kekurangan kertas suara," ungkap Mulyadi.

Ia juga menjelaskan bahwa kertas surat suara yang diterima di TPS 007 jumlahnya tidak sama. Untuk kertas surat suara DPR Provinsi 282, sedangkan DPD 287 sementara DPR RI ada 279 untuk DPRD Kabupaten Kota 288 kertas sedangkan Pilpres 288.

Salah seorang warga Singgoro Dewi mengatakan bahwa dirinya ke TPS 007 dikarena semula nya di TPS 005 dikarenakan kertas surat suara kurang. Tetapi sesampai di TPS 007 justru mengalami hal yang sama.

"Saya sudah tiga TPS pindah. Ke TPS 007 ini yang terakhir. Sampai disini ternyata kertas surat suara juga habis," kesal Dewi.

Senada juga disampaikan Suto warga Singgoro pemilih di TPS 007 mengutuk kinerja KPU dinilai tidak efisien dalam pendataan pemilih untuk pemilu 2019 ini.

Dirinya mengaku sudah mendaftar sejak pagi tadi di TPS 007 tapi tidak kunjung dipanggil namanya. Bahkan sudah mengantri sejak pukul 13.30 WIB justru kertas surat suara yang kurang.

"Kerja KPU Bengkalis ini bagaimana. Kenapa bisa kurang surat suara. Pihak KPPS tidak salah yang salah itu pendistribusian KPU ke setiap TPS yang sembaraut," kecam Suto.

Terpisah Ketua Bawaslu Bengkalis Muclisin mengatakan apabila di TPS kekurangan surat suara nantinya pemilih yang belum menggunakan hak suaranya akan diarahkan ke TPS terdekat.

"Bagi warga yang belum menggunakan hak pilihnya nanti diarahkan ke TPS terdekat. Ini ada kesalahan pendistribusian oleh pihak KPU, memang sejumlah TPS didapat kekurangan surat suara," akhirnya. (kr)

Berita Lainnya

Index