Baru Satu Kecamatan yang Dibahas Dalam Rapat Pleno Rekap Tingkat Kabupaten

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis baru mengelar pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara tingkat kabupaten di Gedung LAMR Bengkalis, Jumat (3/5/2019).

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis baru mengelar pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara tingkat kabupaten, Jumat (3/5) menjelang siang. Rapat pleno tingkat kabupaten dibuka di Gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Bengkalis dihadiri seluruh Komisioner KPU Bengkalis.

Fadhillah Al Mausuly Ketua Komisioner KPU Bengkalis usai membuka rapat pleno mengatakan, untuk saat ini belum semua kecamatan bisa di plenokan ditingkat kabupaten. Untuk pleno hari ini baru tujuh kecamatan dipastikan akan diplenokan hasil rekapitulasi perolehan suaranya.

Diantaranya kecamatan Rupat Utara,  Rupat, kemudian Tualang Mandau, Bandar Laksamana, Bukit Batu dan Siak Kecil serta Bantan. Sementara beberapa kecamatan lainnya masih dalam perjalan pergerseran kotak suara.

"Ada tujuh kecamatan dipastikan akan kita plenokan hari ini, kemudian sisanya masih ada dalam pergeseran surat suara dari kecamatan menuju KPU Bengkalis. Diantaranya kecamatan Pinggir dan Bathin Solapan," ungkap Fadhillah.

Menurut dia, sampai saat ini total PPK Kecamatan yang bisa di plenokan sebanyak sembilan kecamatan. Sementara dua kecamatan lagi belum bisa dipastikan apakah akan dilakukan pleno bersamaan dengan sembilan kecamatan ini karena masih on progres penyelesaian pleno ditingkat kecamatan.

"Ada dua kecamatan sampai hari ini masih melaksanakan pleno ditingkat kecamatan. Diantaranya kecamatan Mandau dan kecamatan Bengkalis yang masih on progres," kata Fadhillah.

Menurut dia, hari ini pihaknya menargetkan bisa menyelesaikan rekapitulasi tingkat kabupaten sebanyak tujuh kecamatan yang kotak suaranya sudah berada di KPU Bengkalis. Sementara dua kecamatan lagi dalam pergerseran direncanakan akan di plenokan besok setelah kotak suara sampai di KPU Bengkalis.

"Sedangkan dua Kecamatan yang masih melakukan pleno di kecamatan yakni Bengkalis dan Mandau, kita masih menunggu mereka selesai melaksanakan pleno kecamatannya," kata Fadhillah.

Fadhillah mengatakan rencanannya memang pleno sembilan kecamatan ini ditargetkan selesai dua hari ini. Namun tentu juga tergantung dengan dinamika saat penghitungan di pleno nantinya.

"Kalau bisa cepat dua hari ini selesai,  tetapi kalau ada hambatan dan kendala kita minta kesepakatan peserta pleno untuk menambah waktu," terangnya.

Untuk dua kecamatan lagi yang hari ini masih melaksanakan pleno kecamatan masih kita tunggu. Jika tidak selesai hingga tanggal 5 Mei ini maka kita akan menunggu intruksi selanjutnya dari KPU RI terkait jika sampai tanggal 5 mendatang belum juga selesai.

Menurut Fadhillah, sejauh ini pelaksanaan Pleno PPK Kecamatan Mandau baru berjalan sekitar tiga puluh persen. Sekitar seratus tujuh puluh sembilang TPS yang sudah selesai di plenokan. Sementara secara menyeluruh jumlah TPS di sana ada sebanyak 502 TPS.

"Kalau pleno PPK Kecamatan Bengkalis sudah diplenokan sekitar tujuh puluh persen. Tinggal beberapa desa lagi yang belum dilakukan pleno rekapitulasi," tandasnya.

Pantuan di Gedung LAMR Bengkalis, pleno tingkat kabupaten secara resmi dibuka sekitar pukul 09.30 WIB. Hingga siang pelaksanaan pleno kabupaten masih berlangsung dimana baru satu kecamatan di sedang berjalan pleno rekapitulasinya, yakni kecamatan Bantan. (ab)




Baca Juga Topik #Pemkab. Bengkalis

TULIS KOMENTAR