Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Pemuda Pancasila se-Kota Pekanbaru Berlimau Kasai

Mandi Balimau Kasai dipimpin oleh Sekjen MPC PP Mustakim JM, M.Pd., S.Pd

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440H/2019 Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila (PAC- PP) Kecamatan Rumbai Pesisir mengadakan Balimau Kasai. Kegiatan ini dilaksanakan di Area Parkir Masjid Istiqomah (ujung jembatan Leton/ Jembatan Siak IV), Minggu (5/5/2019).

Balimau Kasai adalah sebuah tradisi bagi masyarakat Riau untuk menyambut bulan suci Ramadan. Acara ini biasanya dilaksanakan sehari menjelang masuknya bulan puasa. Tradisi Mandi Balimau Kasai ini selain sebagai ungkapan rasa syukur dan kegembiraan memasuki bulan puasa, juga merupakan simbol penyucian dan pembersihan diri.

Hal ini juga diselenggarakan oleh Ketua PAC PP Rumbai Pesisir Dodi Alfian. Diikuti oleh Pemuda Pancasila khususnya di 12 Kecamatan selingkungan Kota Pekanbaru. Tampak ratusan anggota Pemuda Pancasila (PP) hadir dengan teriakan salam perjuangan, bersatu padu yang menunjukan kuatnya barisan organisasi Pemuda Pancasila.

Acara yang diselenggarakan oleh Ketua PAC Rumbai Pesisir Dodi Alfian mengatakan, "acara ini kami buat tentunya bertujuan untuk memperkuat silaturahim. Kita akan menyambut bulan suci ramadhan, ini adalah momentum yang baik untuk bersilaturahim dan saling memaaf-maafkan," ujar Dodi.

Dalam momentum ini, berkesempatan hadir Sekjend MPC PP Kota Pekanbaru, Mustakim JM, S.Pd., M.Pd didampingi oleh Pasukan Komando Inti (KOTI) Mahatidana MPC, Babinsa dan aparat setempat.

Sehabis mandi Balimau Kasai, acara dilanjutkan dengan menyalakan ratusan lampu colok yang secara simbolis dilepas oleh Sekjen Mustakim JM, S.Pd. M.Pd. Kedua acara tersebut merupakan suatu tradisi dan budaya Melayu yang lekat secara temurun hingga hari ini.

Mustakim JM, S.Pd., M.Pd mengatakan "yang paling penting dengan kegiatan ini adalah kita bisa memperlihatkan kepada masyarakat, bahwa Pemuda Pancasila adalah organisasi yang betul-betul berpihak kepada masyarakat, bukan organisasi yang meresahkan masyarakat. Apalagi membuat kebrutalan dan onar," jelas Mustakim.

"Saya berharap khususnya di kecamatan Rumbai Pesisir, Kader pemuda pancasila supaya bisa menjadi kader pelopor untuk membuat nyaman seluruh lapisan masyarakat. Anggota Pemuda Pancasila (PP) harus berbaur bersatu padu dengan warga sekitar secara santun," tambahnya.



TULIS KOMENTAR