Ratusan Orang Tua Berebut Daftar PPDB di SMPN 42 Pekanbaru di Hari Pertama


PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP tahun ajaran 2019 telah dibuka. Ratusan orang tua calon siswa sudah mengantre untuk mengambil nomor pendaftaran sejak pagi.
 
Kepala SMPN 42 Pekanbaru, Misrawati, SPd.,MM mengapresiasi program pemerintah melalui sistem zonasi. Sebab, menurutnya, melalui jalur zonasi wilayah ini sangat membantu bagi keluarga kurang mampu serta tidak perlu sekolah jauh-jauh
 
"Kalau ada anaknya diterima di SMPN 42, jadi orang tua tidak perlu khawatir anaknya berangkat sekolah jauh-jauh. Sementara, untuk PPDB online ini SMPN 42 menyediakan 128 kuota siswa baru," ujar Misrawati. 
 
Misrawati mengatakan, untuk sistem zonasi wilayah 80 persen atau 102 siswa, zonasi prestasi 15 persen atau 19 siswa, perpindahan orang tua dari luar wilayah lima persen atau 6 siswa. 
 
"Kami hanya menerima 128 siswa dengan 4 kelas, karena fasilitasnya kurang (rombel, red) jadi kita tetap mengikuti aturan pemerintah," ujarnya.
 
Pada hari pertama pendaftaran PPDB, Senin (1/07/2019) kemarin antrian sampai 500 orang. "Kita juga sudah mensosialisasikan bagi yang tidak lolos seleksi, para wali murid masih bisa menyekolahkan anak mereka di sekolah swasta," tambah Misrawati.
 
Lebih jauh disampaikan Misrawati, ada tiga jalur yang digunakan dalam PPDB SMP tahun ini, yakni jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan orang tua. Jalur zonasi menjadi prioritas sebanyak 80 persen, jalur prestasi 15 persen dan jalur perpindahan orang tua 5 persen



TULIS KOMENTAR