20 Persen Timbunan Sampah di Bengkalis Berkurang dengan Adanya Bank Sampah

20 Persen Timbunan Sampah di Bengkalis Berkurang dengan Adanya Bank Sampah
Pemkab Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis H. Heri Indra Putra, Rektor Universitas Lancang Kuning Hj. Hasnati saat penandatanganan Nota Kesepahaman.

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Pemkab Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis H. Heri Indra Putra menghadiri sekaligus menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Universitas Lancang Kuning dengan PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) dalam membangun komitmen penanggulangan permasalahan persampahan Kota di Wilayah operasional PT.CPI, bertempat di Aula Pustaka Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, Selasa (17/7/2019).

Pada kesempatan itu, Heri Indra Putra menyatakan, jika Pemkab Bengkalis memiliki komitmen besar terhadap penanggulangan permasalahan persampahan ini, hal tersebut sesuai dengan Kebijakan Strategis Daerah (JAKSTRADA) Kabupaten Bengkalis, sebagaimana termuat didalam Peraturan Bupati Nomor: 38 tahun 2018 yang merupakan amanat dari Peraturan Presiden no 97 tahun 2017 tentang JAKSTRANAS pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

"Implementasi atas Kebijakan Strategis Daerah dimaksud, kita Pemerintah Kabupaten Bengkalis mempunyai target pengurangan sampah sebesar 20 % dari total timbunan sampah di Kabupaten Bengkalis saat ini, salah satu sektor pengurangannya adalah melalui kegiatan bank sampah. Karena Bank sampah memiliki beberapa manfaat bagi manusia dan lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, serta membuat sampah menjadi barang ekonomis," kata Heri Indra Putra.

Lebih lanjut Heri juga menyampaikan bahwa permasalahan sampah ini merupakan permasalahan besar akibat adanya pertumbuhan dan perubahan pola konsumsi masyarakat yang menimbulkan bertambahnya volume, jenis dan karakteristik sampah yang semakin beragam, ditambah pula pengelolaan sampah yang selama ini belum sesuai dengan metode dan tehnik pengelolaan yang berwawasan lingkungan, justru berdampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan yang berdekatan dengan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu sampai ke hilir, agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, serta dapat mengubah perilaku masyarakat untuk peduli terhadap persampahan. Paradigma pengelolaan sampah yang bertumpu pada pendekatan bersih sudah saatnya harus ditinggalkan dan diganti dengan paradigma baru yang berorientasi pada upaya pemanfaatan sampah sebagai sumber daya ekonomi salah satunya melalui pembangunan Bank Sampah," harap Heri.

Sementara itu, Rektor Universitas Lancang Kuning HJ. Hasnati dalam sambutannya mengatakan, kerjasama yang dilakukan pada hari ini bersama PT. CPI merupakan upaya kami untuk mendukung mutu pendidikan dan sebagai wujud implementasi ilmu pengetahuan ditengah-tengah masyarakat.

"Kami melihat bahwa program Pembangunan Bank Sampah sangat berdampak posistif serta memiliki peluang peningkatan ekonomi dan pengembangan pendapatan masyarakat,” kata Hasnati.

Sementara itu General Manager Corporate Affairs Assets PT. CPI Sukamto Thamrin juga menyampaikan bahwa PT. CPI senantiasa memiliki komitmen untuk membantua masyarakat yang berada dalam wilayah operasional PT CPI.

"Salah satu program pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat telah kami lakukan dengan Pembangunan Bank Sampah di Kelurahan Pematang Pudu Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Selain bernilai ekonomis, kegiatan tersebut kami lakukan sebagai cikal bakal untuk lahirnya kelompok-kelompok baru dalam pengelolaan sampah." Kata Sukamto.

MoU yang dilakukan antara Unilak dengan PT. CPI tersebut terkait pengkajian Pembangunan Bank sampah berbasis masyarakat di tiga Kabupaten/Kota di Provinsi Riau yakni Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak serta Kota Pekanbaru. Adapun pembangunan Bank Sampah dalam Wilayah Kabupaten Bengkalis berlokasi di Kelurahan Pematang Pudu Kecamatan Mandau. (ab)

Berita Lainnya

Index