10 Desa Segera Laksanakan Pilkades Gelombang III

10 Desa Segera Laksanakan Pilkades Gelombang III
Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Bengkalis Hj. Umi Kalsum membuka resmi pelatihan peningkatan kapasitas Kepala Desa Gelombang II Tahun 2019. Kegiatan berlangsung di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Senin (29/7/2019).

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Sebanyak 104 kepala desa se-Kabupaten Bengkalis mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas Kepala Desa Gelombang II Tahun 2019. Kegiatan berlangsung di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Senin (29/7/2019).

Pelatihan tersebut dibuka resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Bengkalis Hj. Umi Kalsum dan dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yuhelmi, Camat Bengkalis Ade Suwirman, Camat Bantan Reza Noverindra, Camat Pinggir Toharuddin, Camat Siak Kecil M. Fadlul Wajdi beserta para peserta pelatihan

“Kami berharap, kepala desa tentunya dapat menyusun program Pembangunan melalui perencanaan yang partisipatif, dengan memperhatikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian kemajuan desa akan dapat terlihat pada sejauh mana pemenuhan kebutuhan dan pelayanan terhadap masyarakat desa yang dilakukan secara cepat, tepat dan transparan,” kata Umi Kalsum saat membacakan sambutan tertulis Bupati Bengkalis.

Lebih lanjut, Umi Kalsum menjelaskan, bahwa dalam upaya mewujudkan otonomi desa perlu dilakukan strategi dan kebijakan dalam menyusun program kerja penyelenggaraan Pemerintahan Desa, hal ini dimaksud agar pelaksanaan Pembangunan Desa dapat direalisasikan secara baik dan benar.

Tentunya, lanjut Umi, hal tersebut dapat terlaksana jika seluruh Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa bersama aparatur Pemerintahan Desa serta seluruh komponen masyarakat desa saling bersinergi dalam mewujudkan program Pembangunan Desa tersebut.

Selanjutnya Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Bengkalis menjelaskan bahwa tahapan untuk penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahapI dan II tahun 2019 sudah disalurkan ke seluruh desa dalam Wilayah Kabupaten Bengkalis.

“Kami menghimbau kepada seluruh aparatur Pemerintahan Desa untuk menggunakan dana tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya lagi.

Ia juga menyebutkan, jika di tahun ini akan dilaksanakan pemilihan Kades serentak gelombang III. Untuk Pilkades serentak kali ini, diikuti 10 Desa dari 7 Kecamatan di Kabupaten Bengkalis. (ab)

Berita Lainnya

Index