Data ISPU Wilayah Bengkalis Sedang hingga Tidak Sehat

Data ISPU Wilayah Bengkalis Sedang hingga Tidak Sehat
Data Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU).

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Data Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) Kabupaten Bengkalis bersumber dari Duri Camp dan Duri Field berada pada setara angka ISPU 107 dan 91. Kondisi ini mendandakan udara di Bengkalis memiliki ISPU sedang hingga tidak sehat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis H. Arman, AA, Kamis (22/8/2019). Menurut data ISPU yang diperoleh dari DLH dan Kehutanan Provinsi Riau, ISPU berada di posisi warna kuning dan biru.

“Data ISPU kita dari dua lokasi yakni Duri Camp dan Duri Field berada pada warna kuning dan  biru. Kesimpulan kualitas udara kita sedang hingga tidak sehat,” kata Arman.

Arman menyarankan, agar masyarakat perbanyak minum air putih dan tidak sering keluar rumah. Sehingga terhindar dari penyakit akibat dampak Karhutla yang terjadi akhir-akhir ini.

Pada prinsipnya, sambung Arman, data ISPU hari ini mendadakan tingkat kualitas udara sedang hingga tidak sehat. Untuk sedang, tingkat kualitas udara tidak berpengaruh pada kesehatan manusia ataupun hewan, tetapi berpengaruh pada tumbuhan yang sensitif dan nilai estetika.

Sedangkan tidak sehat, ISPU berwarna kuning menandakan tingkat kualitas udara yang bersifat merugikan pada manusia ataupun kelompok hewan yang sensitif, atau bisa menimbulkan kerusakan pada tumbuh-tumbuhan. (ab)

Berita Lainnya

Index