Musrinbangdes, Kabid P2M Dinas PMD Ingatkan Desa Melakukan Pembangunan Ekonomi

Musrinbangdes, Kabid P2M Dinas PMD Ingatkan Desa Melakukan Pembangunan Ekonomi
Musrinbangdes desa Pedekik.

PEDEKIK, PEKANBARU -Kepala Bidang Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat (P2M) Dinas PMD Erdila Fitriyadi, MSi mengingatkan desa agar memperhatikan pembangunan ekonomi, tidak hanya pembangunan infrastruktur dasar.

Hal tersebut disampaikan Dila di acara musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrinbangdes) Desa Pedekik, Senin (26/8/2019).

"Mengingat hampir 85 persen desa di kabupaten Bengkalis mementingkan Pembangunan infrastruktur dasar, makanya hadir program inovasi desa dengan tujuan desa dapat melakukan inovasi pembangunan, salah satunya melalui program pengembangan ekonomi produktif," ujarnya.

Dila juga mengatakan, bagaimana pembangunan infrastruktur produktif, makanya desa perlu melakukan penyertaan modal di Bumdes, Dila menyontohkan di desa Sungai Meranti kecamatan Pinggir yang melakukan penyertaan modalnya ke Bumdes hampir 1.5 Milyar.

Oleh karenanya, Dila berharap di Desa Pedekik pemerintah desa jangan takut untuk melakukan penyertaan modalnya di BUMDes, BUMDes di desa pedekik harus diperkuat, karena desa Pedekik merupakan desa penyangga dan dekat kota, BUMDes bisa membuka usaha yang menguntungkan misalkan membuka broker usaha barang bangunan sehingga keuntungan bisa di peroleh BUMDes.

Selain itu Dila juga menjelaskan keuntungan jika desa memiliki PADes yang besar di desa, bahwa desa bebas menggunakan untuk apa saja untuk kepentingan masyarakat tanpa harus dibatasi dengan regulasi dari pemerintah.

Berpusat di Aula Kantor Desa Pedekik, Musrinbangdes Dipimpin langsung oleh Sekdes Pedekik Maskur SH, di hadiri oleh Ketua BPD Pedekik Zainal bahri, perangkat desa, serta tokoh masyarakat, sementara dari OPD yang hadir diantaranya dari Dinas PMD, Dinas sosial, dinas Perhubungan, dinas Pendidikan, dinas catatan sipil, Pendamping Desa Bidang Pembangunan, Pendamping Desa Bidang Ekonomi, serta dinas perpustakaan. (rf)

Berita Lainnya

Index