Tiga Balon Cakades Punya Nilai Sama, Seleksi Cakades Wonosari Berlanjut

Proses seleksi lanjutan pada Pilkades Wonosari, Rabu (4/9/2019).

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Setelah melalui tahapan-tahapan seleksi Calon Kepala Desa (Cakades) Wonosari pada Pilkades serentak Gelombang III Tahun 2019. Sebanyak 3 Bakal Calon (Balon) Cakades dari 7 Balon Cakades yang mendaftar memiliki nilai atau poin yang sama. Hal itu diperoleh dari seleksi yang dilaksanakan, Rabu (4/9/2019).

Untuk menentukan hasil seleksi yang tepat. Panitia Pilkades Wonosari melaksanakan seleksi lanjutan dengan menghadirkan, tim seleksi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis, sebagai pelaksana seleksi tahapan lanjutan.

Hal itu disampaikan Panitia Pelaksana Pilkades Wonosari, Tri Wahyu Cahyadi. Menurutnya,  Panitia Pilkades melaksanakan seleksi tambahan lanjutan, disebabakan didapatinya 3 Cakades menghasilkan nilai yang sama dari 7 Cakades yang mengikuti seleksi tambahan pada tahapan sebelumnya.

“Untuk itu, wajib dilaksanakan tes lanjutan untuk menentukan 1 bakal calon kepala desa yang akan ditetapkan pada tahapan selanjutnya untuk menetapkan 5 calon kepala desa sesuai dengan amanat peraturan untuk mengikuti proses pemilihan kepada desa pada 30 oktober 2019,”kata Tri Wahyu Cahyadi.

Ia juga menjelaskan, sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 Pasal 23, maksimal Cakades yang mengikuti tahapan pemungutan suara 5 (lima) orang Cakades, yang akan ditetapkan melalui proses seleksi yang cukup ketat.

“Jadi, kami panitia terus mengacu pada peraturan yang berlaku dan tahapan yang sudah di tetapkan agar proses pilkades ini berjalan lancar,” urainya.

Proses Pilkades Wonosari ini terbilang baru pertama kali terjadi. Sehingga 3 Bakal Cakades yang menghasilkan nilai yang sama, wajib mengikuti proses seleksi tambahan lanjutan yang di laksanakan di aula kantor Desa Wonosari. Tahapn itu turut dihadiri oleh Lembaga Desa dan Aparat Pengamanan dari Bhabinsa serta Bhabinkatibmas setempat. (ab)




Baca Juga Topik #Pemkab. Bengkalis

TULIS KOMENTAR