45 Anggota DPRD Bengkalis Terpilih Dilantik 16 September

45 Anggota DPRD Bengkalis Terpilih Dilantik 16 September

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Setelah resmi ditetapkan sebagai Calon Legislatif (Caleg) terpilih hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis. Sebanyak 45 anggota DPRD Bengkalis dijadwalkan dilantik 16 September 2019.

Proses pelantikan dan pengucapan sumpah/janji itu akan berlangsung di Gedung Cik Puan, Jalan Hangtuah-Bengkalis. Sesuai jadwal, proses pengucapan sumpah/janji dikemas dalam Rapat Paripurna pada pukul 09.00 WIB.

Rapat Paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah/janji 45 anggota DPRD Bengkalis yang baru akan dipimpin H. Abdul Kadir, selaku Ketua DPRD Bengkalis.

Jika nantinya Rapat Paripurna pelantikan dan pengucapan sumpah/janji dipimpin oleh Ketua DPRD Bengkalis H. Abdul Kadir, maka itulah Rapat Paripurna yang terakhir yang dipimpinannya sebagai Ketua DPRD Bengkalis masa bakti 2014-2019.

Menurut informasinya, pelantikan dan pengucapan sumpah/janji mengacu pada Pasal 368 ayat (1) UU Nomor 2 tahun 2018, pengucapan sumpah/janji 45 legislator tersebut dipandu Ketua Pengadilan Negeri (PN) setempat.

Artinya dan kalau tak ada perubahan (diwakilkan), Ketua PN Bengkalis Rudi Ananta Wijaya yang bakal jadi pemandunya.

Sementara itu, Sekretariat DPRD Bengkalis (Sekwan) Radius Akima, Jumat (13/9/2019) mengatakan, proses pelantikan dan pengucapan sumpah/janji 45 anggota DPRD Bengkalis sudah ready 80 persen. Termasuk undangan yang disebarkan.

Menurut Radius, pemasangan kursi dan tenda sudah dilaksanakan, dipastikan Sabtu (14/9/2019) dilangsungkan gladi kotor, agar proses pelantikan berlangsung dengan tertib dan aman.

“Untuk keamanan, kita juga sudah koordinasi dengan Polres Bengkalis. Kita minta berdasarkan prosedur yang diberikan, karena lokasi harus steril dan dibatasi para undangan nantinya,” kata Radius.

Ia mengaku, pembatasan ini dimaksud agar tidak membludak, sebab sesuai undangan itu anggota DPRD Bengkalis yang dilantik diberi porsi sebanyak 8 undangan, 4 undangan untuk di dalam gedung dan 4 lagi di luar gedung.

“Jelas kita batasi, karena kapasitas gedung Cik Puan hanya bisa menampung 300 orang saja. Ditambah kursi balkon atas itu nantinya khusus untuk OPD, sebanyak 80 undangan,” terang Radius.

Dihadiri Ahmad Syah Harrofie

Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji 45 anggota DPRD Bengkalis bakal dihadiri Penjabat Sekdaprov Riau H. Ahmad Syah Harrofie, mewakili Gubernur Riau Syamsuar. Sedangkan undang undangan lain dihadiri Anggota DPRD Provinsi Riau serta ketua-ketua partai politik, baik provinsi dan kabupaten.

“Menurut informasi, Penjabat Sekdaprov Riau H. Ahmad Syah Harrofie hadir dalam prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah/janji, 45 anggota DPRD Bengkalis. Untuk mengantisipasi ramainya undangan, maka di luar gedung kita siapkan infokus atau layar monitor, sehingga bisa melihat kondisi di dalam ruangan, layar monitor siaran langsung itu dipasang sebanyak 4 infokus,” terangnya. (ab)

Berita Lainnya

Index