Kerahkan 2 Pesawat, BPPT Lakukan Hujan Buatan di Dumai Riau

Kerahkan 2 Pesawat, BPPT Lakukan Hujan Buatan di Dumai Riau
Foto: Chaidir Anwar Tanjung / Detikcom

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berhasil membuat hujan buatan di Dumai, Riau. Dua pesawat dikerahkan untuk melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hujan buatan terjadi pada Rabu (18/9) malam. BPPT mengerahkan dua pesawat yaitu pesawat TNI AU Hercules C 130 dan pesawat Cassa 212-200 dalam melakukan penyemaian di dua wilayah di Riau.

"Yaitu satu pesawat untuk di Dumai, Rokan Hilir dan Padang Sidempuan, dan satu pesawat lain untuk wilayah Kampar dan Rokan Hulu," kata Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT Tri Handoko Seto yang dilansir detikcom, Kamis (19/9/2019).

Seto menuturkan penerbangan pertama menggunakan pesawat TNI AU Hercules c 130 dengan mengangkut 2.400 kg NaCL untuk operasi penyemaian di Dumai, Rokan Hilir, dan Padang Sidempuan. Untuk penerbangan kedua, pesawat Cassa 212-200 mengangkut bahan semau sekitar 800 kg di Kampar dan Rokan Hulu.

"Total volume air pada Rabu, 18 September 2019 tercatat mencapai 3,5 juta M3," tutur Seto.

Sementara itu, Koordinator Lapangan BBTMc-BPPT Samba Wirahma menuturkan operasi TMC sudah dilakukan selama 160 hari. Total volume hujan yang dihasilkan lebih dari 700 juta M3.

"Tingkat kesulitan tebalnya kabut asap yang capai ketinggian 7000-8000 feet dan terbentuknya lapisan awan di ketinggian 14000-15000 feet yang menyulitkan sinar matahari masuk menembus ke permukaan bumi sehingga awan konvektif sulit tumbuh. Potensi awan di wilayah Riau sekitarnya diperkirakan akan membaik dalam waktu 2-4 hari mendatang," papar Samba.

Kepala BPPT Hammam Riza sendiri mengatakan keberhasilan dalam terkait TMC merupakan hasil dari koordinasi semua pihak. Selain hujan buatan, penanganan kebakaran hutan dan lahan dilakukan secara sistemik.

"Baik dari udara dengan modifikasi cuaca, dan dari darat dengan mengerahkan tim . Termasuk dibangun sistem membuka lahan dengan menggunakan senyawa hayati Biopeat inovasi BPPT, yang meningkatkan PH lahan gambut. Tidak dibakar. BPPT punya teknologinya," tutu Hammam.

Berita Lainnya

Index