Gandeng Wikipedia, Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Unilak Gelar Pelatihan Menulis

Gandeng Wikipedia, Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Unilak Gelar Pelatihan Menulis

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas menulis di kalangan mahasiswa, himpunan mahasiswa perpustakaan FIB Unilak bekerjasama dengan Wikipedia Indonesia dan relawan wikimedia, menggelar workshop bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning (FIA Unilak).

Pelaksanaan workshop dilakukan di aula FIB Unilak, kamis (17/10). Acara berlangsung selama dua hari. Sebagai pelatih yaitu Raymond Sutanto, Muhammad Rizky Fernanda dan Syahyarwan Zam.

Menurut Raymond Sutanto dari Wikimedia Jakarta yang dihubungi Kamis (17/10) kegiatan bernama wikilatih, pengenalan Wikipedia sebagai ensiklopedia daring yang bisa disunting (diedit) oleh siapa saja.

“Pelatihan hari ini bertajuk Wikilatih, outputnya peserta menulis artikel sesuai kriteria Wikipedia dan mempublikasikannya. Kriteria artikel Wikipedia yakni memiliki rujukan terpercaya, disusun deskriptif, dan sudut pandang netral,” jelas Raymond.

Di pelatihan ini turut hadir wakil dekan III FIB, Iik Idayanti, S.Hum, M.Hum kepala perpustakaan Unilak.

Sementara itu, Kaprodi Perpustakaan FIB, Drs Rosman, M.Hum, yang ditemui kegiatan berupa penulisan workshop Wikipedia bahasa Indonesia dan fun library yang diadakan Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan.

“Kita bekerjasama dengan Wikipedia bentuk kegiatan bernama wikilatih, peserta berasal dari mahasiswa perpustakaan. Workshop diikuti oleh mahasiswa prodi perpustakaan,” ujar Rosman.

Dijelaskan lebih lanjut, kegiatan bertujuan untuk melatih mahasiswa, agar mahasiswa itu mampu menulis, mampu mengelola perpustakaan, dan untuk menampilkan minat dan bakat baik di lingkup ilmu perpustakaan maupun ilmu lainnya. Kegiatan ini satu satunya dan pertama kali diadakan di Riau dan untuk perguruan tinggi di Riau.

Berita Lainnya

Index