Aktifitas Warga Lumpuh, Jalan Poros Dua Dusun di Bandar Jaya Tergenang Air

Aktifitas Warga Lumpuh, Jalan Poros Dua Dusun di Bandar Jaya Tergenang Air
Hujan deras yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis menyebabkan bencana banjir. Kondisi terparah terjadi di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Kamis (31/10/2019).

SIAK KECIL, RIAUREVIEW.COM -Hujan deras yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis menyebabkan bencana banjir. Kondisi terparah terjadi di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Kamis (31/10/2019).

Kondisi terakhir didapati dua dusun yakni Bandar Sari dan Dusun Air Masuk terendam banjir. Air menggenangi wilayah itu dengan tinggi sekitar 20 centimeter. Aktifitas masyarakat disana juga mengalami lumpuh total dikarenakan, rumah-rumah masyarakat serta sarana prasarana di desa turut tergenang.

Selain itu juga fasilitas jalan poros, dusun dua turut tergenang air. Sehingga, masyarakat disana harus waspada akan datangnya hujan susulan dan menyebabkan banjir lebih dalam lagi.

“Ada sekitar tiga rumah warga dan tiga fasilitas umum tergenang air. Memang belum ada evakuasi dari masyarakat, namun kondisinya saat ini bersiaga,” kata Kepala Desa Bandar Jaya, Suyanto saat diwawancarai Riaureview.com, Kamis (31/10/2019).

Suyanto juga menerangkan, kondisi banjir ini terjadi disebabkan air sungai pasang tinggi, terutama di wilayah Sungai Linau yang kondisinya hampir sama.

“Kita masih terus berjaga dan menginformasikan segala perkembangan ke camat dan pemerintah daerah, sebab sudah ada tiga rumah yang airnya sudah masuk sampai ke lantai rumah. Dua dusun itu dihuni sekitar 20 kepala keluarga, yang hari ini terus berjaga-jaga, kalau aktifitas memang hari ini lumpuh total,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis H. Tajul Mudarris, Kamis (31/10/2019) mengatakan, pihaknya BPBD sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan memantau kondisi di Kecamatan Siak Kecil.

“Ya, tadi pak camat siak kecil sudah mengabarkan ke kita. Kondisi ini terus kita monitor, jika memungkinkan besok kita turunkan tim BPBD ke lokasi, guna melihat kondisi dari dekat, musibah banjir musiman yang terjadi di Desa Bandar Jaya,” ujarnya sembari mengatakan sejauh ini belum ada evakuasi dari masyarakat disana dan masih dalam kondisi aman. (ab)

Berita Lainnya

Index