Hutan Seluas 8 Hektare di Sukabumi Terbakar

Hutan Seluas 8 Hektare di Sukabumi Terbakar
Ilustrasi.

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Hutan seluas 8 hektare di Kampung Kebundesa, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terbakar pada Sabtu (9/11). Dalam perkembangannya, petugas gabungan yang dibantu relawan SAR berupaya memadamkan api.

"Penyebab kebakaran hutan di Kecamatan Nyalindung ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," kata Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna seperti dilansir CNNIndonesia, Sabtu (9/11).

Informasi yang dihimpun, kebakaran hutan baru diketahui saat ada kepulan asap hitam dari dalam hutan. Kemudian, warga dan relawan yang berada di lokasi mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, menunggu petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Menurut Daeng, api membesar dengan mudah hingga menyebar dari satu titik ke titik lain karena kondisi cuaca yang terik, ditambah pula hutan kering dan banyak ranting pohon. Petugas bahkan kesulitan memadamkan api karena lokasi yang sulit ditembus kendaraan.

Jelang beberapa saat, beberapa unit mobil Damkar tiba di lokasi untuk memadamkan api.Namun, lagi-lagi kendaraan tidak bisa masuk ke lokasi dan harus menggunakan selang panjang untuk menyemprotkan ke titik api.

"Mayoritas titik api sudah berhasil kami padamkan. Namun, ada beberapa yang diduga masih menyala dan petugas pun berupaya untuk memadamkannya agar kebakaran tidak semakin meluas," tambahnya.

Berita Lainnya

Index