Tim Dosen Fekon Unilak Bantu BUMDes di Bunut

Tim Dosen Fekon Unilak Bantu BUMDes di Bunut

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Tim dosen Universitas Lancang Kuning (Unilak) melakukan pengabdian masyarakat di desa Patai kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan, Riau.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat melalui BUMDES.Tim dosen Unilak ini menerapkan analisa SWOT dalam rangka peningkatan peran BUMDES kecamatan Bunut.
 
SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

Tim dosen Fekon Unilak yang terlibat yaitu ketua, Hj Liviawati, SE, MSi, Ak, dengan anggota, Dr Jeni Warni, SE, M.Ak, CA, Gurmarila Eka Putri, SE, M.Ak.

Saat ditemui di Kampus Unilak, Jumat 15 Nopember 2019 Liviawati mengatakan, selama di kecamatan Bunut, tim dosen Unilak, melakukan analisa SWOT di salah satu BUMDes yang ada di Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan, yakni Desa Petani, 5 Agustus lalu, dan bertemu dengan kepala desa, Suprizal dan perangkat desa lainya, turut hadir desa sekitar Desa Kuala Tolam dan Desa Sungai Buluh.

Liviawati menyebut, kehadiran tim ke kecamatan Bunut didasarkan pada survei awal di Kecamatan Bunut bahwasanya dari 9 BUMDes yang sudah dibentuk pengurusnya namun hanya ada 1 BUMDes yang sudah berjalan dan itupun usahanya masih kegiatan simpan pinjam.
 
Atas dasar itu tim melakukan pemetaan dengan menggunakan pendekatan SWOT yang kemudian dari hasil temuan ini diketahui permasalahan dan peluang yang dihadapi BUMDes di Kecamatan Bunut, sehingga dicarikan solusinya, sehingga diharapkan BUMDes membentuk desa yang mandiri.

"Alhamdulillah respon peserta dan perangkat desa menyambut baik kehadiran kita, mereka berharap BUMDes nya bisa terus berkembang dan menghasilkan keuntungan," ujar Liviawati.

Berita Lainnya

Index