Tanpa Harry Kane, Tottenham Bisa Apa?

Harry Kane.

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Tottenham Hotspur dan Timnas Inggris tentu menyesali betul cedera Harry Kane yang mengharuskannya absen lama. Sebab tanpa Kane, keduanya kerap kesulitan.

Kane mendapat cedera saat Tottenham kalah dari Southampton akhir pekan kemarin. Kane meninggalkan lapangan di menit ke-75 sambil memegangi pahanya dan terpincang-pincang.

Setelah sepekan lebih menjalani pemeriksaan intensif, Kane diharuskan menjalani operasi pada otot hamstringnya. Alhasil, Kane bakal istirahat panjang sekitar tiga bulan sampai April.

Cedera itu sangat merugikan Tottenham khususnya dan juga Inggris. Sebab keduanya begitu mengandalkan Kane di lini serang dan tanpa kehadirannya, Tottenham serta Inggris jarang tampil oke.

Berikut data-data terkait cedera Kane yang dilansir Opta.

Jumlah Tembakan

Tottenham dan Inggris tak cuma mengandalkan Kane sebagai pencetak gol, tapi dia juga bisa mengkreasikan peluang untuk rekan-rekannya. Di Tottenham, Kane kerap mendonasikan assist untuk Son Heung-min, Dele Alli, dan Lucas Moura.

Di Timnas, Marcus Rashford dan Raheem Sterling mudah mencetak gol gara-gara Kane. Dilansir Opta, Kane berperan dalam lahirnya 17 gol untuk Inggris selama Kualifikasi Piala Eropa 2020, 12 gol dan lima assist.

Sejak awal musim 2014/2015, Kane sudah bermain 187 kali di Premier League, Tottenham punya rataan 15,6 attempts per laga. Ketika Kane absen 24 kali, rasio penciptaan peluang Tottenham turun ke 14,9 attempts per laga.

Sementara di Timnas Inggris, jika Kane bermain maka rasio tembakannya adalah 15,1 per laga (45 laga) dan turun menjadi 12,3 per laga (16 laga) tanpanya.

Jumlah Gol

Tanpa Kane, tentu jumlah gol kedua tim bakal berkurang dan itu terbukti 100 persen kebenarannya. Ada 359 gol dibuat Tottenham sejak 2014/2015 saat Kane bermain, dengan rataan 1,9 per laga. Saat Kane Absen, rasionya turun cukup jauh ke angka 1,3 gol per laga.

Opta mencatat Kane mencetak 136 gol dari 200 laga perdananya di Premier League, hanya kalah dari Alan Shearer (145 gol) dan Sergio Aguero (138 gol).

Sementara di timnas Inggris, ketika Kane bermain maka rataan gol mencapai 2,3 per laga dengan total 103 gol. Saat Kane absen, rasio turun ke 1,3 gol per laga.

Menariknya, lini pertahanan Inggris lebih oke saat Kane absen, yakni rataan kebobolan 0,5 per laga dibanding saat Kane bermain di angka 0,9 per laga. Sementara Tottenham punya rataan kebobolan satu gol per laga ketika Kane absen.

Kemenangan

Misi Tottenham untuk finis empat besar bisa saja terganggu musim ini mengingat Kane begitu diandalkan. Rasio kemenangan Tottenham bersama Kane begitu tinggi, yakni 57,2 persen dan turun jauh ke 45,8 persen saat dia absen.

Bahkan Opta menyebut dalam enam pertandingan terakhir di Premier League ketika Kane absen, Tottenham cuma meraih lima poin dan mencetak empat gol.

Mereka kalah tujuh kali dari 24 laga tanpa Kane, sementara rasio poin turun dari 1,9 per laga menjadi 1,6. Bagaimana di Inggris? Ketika Kane main, rasio kemenangan naik ke angka 64,4 persen dan 50 persen tanpa dia.

Sumber: detiksport 




Baca Juga Topik #Tottemham

TULIS KOMENTAR